Berita Terkini : Maluku Kena Guncangan Gempa Sebanyak Lima Kali Hari Ini !

0
627
Gempa Bumi1

Berita Terkini : Maluku Kena Guncangan Gempa Sebanyak Lima Kali Hari Ini !

indowarta.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon telah berhasil mencatat bahwa terajadi gempa sebanyak lima kali di Maluku. gempa Maluku tersebut terjadi pada hari Kamis 6 Oktober 2016 dari pukul 00.02 WIT hingga 12.02WIT.

Berdasarkan data yang telah didapatkan, gempa memiliki kekuatan 3,1 amplitudo pertamaterjadi di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah sekitar pukul 00.02 WIT. Sedangkan pusat gempa sendiri berada pada titik 5.22 Lintang Selatan-129.69 Bujur Timur dengan kedalaman 38 kilometer.

Kemudian setelah lima jam berlalu, kembali terjadi gempa di Wahai, Sram Utara, Kabupaten Maluku Tengah dengan kekuatan yang sama. Pada gempa Maluku yang kedua ini berpusat pada 2,72 Lintang Selatan-129.46 Bujur TImur dengan kedalaman pusat gempa di bawah 10 kilometer.

Berselang satu jam kemudian, ada sekitar pukul 06.24 WIT terjadi gempa dengan kekuatan 4,7 magnitudo yang telah mengguncang Timur Laut Tiakur, Maluku Barat Daya. Pusak gempa kali ini berada di 7.77 Lintang Selatan-128.17 Bujur Timur dengan kedalaman 103 kilometer.

Gempa Bumi1

Setelah itu terjadi lagi gempa dengan kekuatan 4,7 magnitudo kembali terjadi di Tepa, Maluku Tenggara Barat, sekitar pukul 08.06 WIT. Kali ini gempa memiliki kedalaman 195 kilometer dan berpusat di lokasi 6.94 Lintang Selatan -130.17 Bujur Timur.

Selanjutnya pada pukul 12.01 WIT gempa yang memiliki kekuatan 3,7 magnitudo ini kembali mengguncang Namlea, Kabupaten Buru. Kali ini pusat gempa Maluku berada di kedalaman 21 kilometer dengan lokasi 3,18 Lintang selatan – 127,44 Bujur timur.

George Mahubessy yang merupakan kepala BMKG Stasiun Pattimura menyebutkan bahwa gempa tersebut tidak menimbulkan dampak kerusakan rumah warga maupun fasilitas umum yang lainnya. Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah yang terbilang rawan terjadi gempa dan juga tsunami. Hal ini karena Maluku terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan juga Eurasia.

Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik, sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

baca juga:

Video Youtube Ini Rekam Detik Detik Badai Topan Chaba Mirip Tsunami Terjang Busan Hingga Tewaskan 4 Korban !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here