Berita Terkini : Dinilai Efektif, Aturan Ganjil Genap Akan Segera Dilanjutkan ?

0
720
sistem ganjil genap

Berita Terkini : Dinilai Efektif, Aturan Ganjil Genap Akan Segera Dilanjutkan ?

Indowarta.com– Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yakni Ajun Komisaris Budiyanto mengatakan bahwa penerapan dari sistem ganjil genap dinilai cukup efektif. Ada indikator yang mampu menunjukkan bahwa penerapan sistem tersebut dinilai telah bisa mengatasi persoaln kemacetan di DKI Jakarta.

Dalam keterangan tertulisnya pada hari Rabu 5 Oktober 2016, Budiyanto mengatakan bahwa waktu tempuh terjadi penurunan, sedangkan kecepatan bisa meningkat. Penurunan juga terjadi pada volume kendaraan dan juga terjadi alih moda ke Transjakarta telah mengalami peningkatan.

Budiyanto mengatakan bahwa kebijakan dari penerapan sistem ganjil genap ini merupakan kebijakan transisi sebagai pengganti dari sistem three in one yang sebelumnya telah diterapkannya electronic road pricing. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam penerapan aturan ganjil genap ini. Beberapa tahapan tersebut adalah sosialisasi, uji coba dan juga pemberlakuan secara efektif.

sistem pelat nomor ganjil genap

Tahapan yang sudah dilakukan tersebu berguna untuk memberikan ruang kepada pengguna jalan dalam memahami aturan ganjil genap ini. Budiyanto menilai bahwa selama tahapan terebut dijalankan, ada survei yang telah dilakukan oleh lembaga independen. Survey tersebut dilakukan pada tanggal 12 Agustus, 25 Agustus dan juga pada 22 September 2016.

Pada survey pertama menyebutkan bahwa waktu tempuh pengendara kendaraan turun 16 persen dengan kecepatan yang meningkat hingga 17 persen. Pelanggaran dengan hukuman teguran turun hingga 9,01 persen. Kemudian juga terjadi peningkatan alih moda transportasi dari kendaraan pribadi ke Transjakarta koridor 1 sebesar 9,7 persen dan juga koridro IX sebesar 8,2 persen.

Kemudian hasil survey yang kedua menunjukkan bahwa waktu tempuh mengalami penurunan hingga 19 persen dengan kecepatan meningkat sebesar 20 persen. Volume kendaraan, bisa turun 15 persen. Alih moda transportasi ke Transjakarta naik rata-rata 30 persen.

Kemudian pada survey yang ketiga telah mencatat waktu tempuh kendaraan menurun hingga 2 persen dengan kecepatan naik di angka yang sama. Kemacetan di seluruh penggalan jalan juga mengalami penurunan hingga 25 persen. Namun terjadi peningkatan pada pengguna jalan alternatif sebesar rata-rata 13 persen.

baca juga :

Berita Hari Ini : Peraturan Ganjil Genap Akan Mulai Pada 30 Agustus Besok, Denda Rp 500 Ribu Siap Menanti !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here