Niat Puasa Asyura 10 Muharram Jatuh Pada Tanggal 11 Oktober 2016 Besok !

0
3623
Niat Puasa Asyura
Copyright©ideaberita

Niat Puasa Asyura 10 Muharram Jatuh Pada Tanggal 11 Oktober 2016 Besok !

Indowarta.com– Dalam kalender Islam, bulan Muharram merupakan bulan pertama. Bulan Muharram juga merupakan bulan yang diutamakan oleh umat Islam. Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram yang telah Allah SWT muliakan . Pada bulan tersebut juga Allah telah melarang bagi hambanya untuk berbuat maksiat atau berbuat zalim. Selain itu pada bulan ini kita juga telah disunahkan untuk menjalankan ibadah puasa Tasua dan Puasa Asyura.

Untuk puasa Tasua selalu dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram, sedangkan pada tanggal 10 Muharram selalu dilaksanakan ibadah puasa sunah Asyura. Pada tahun ini yakni 2016, pada tanggal 2 Oktober yang lalu tepat jatuhnya tanggal 1 Muharram. Oleh sebab itu, tanggal 9 Muharram atau hari Tasua akan jatuh pada hari Senin 10 Oktober 2016. Sedangkan pada tanggal 11 Oktober besok adalah merupakan tanggal 10 Muharram yang berarti merupakan hari puasa Asyura.

10 Muharram merupakan hari yang sangat bersejarah dalam agama Islam. Pada tanggal 10 Muharram ini telah diterma pertaubatan dari nabi Adam oleh Allah SWT. Tidak hanya itu saja, pada tanggal 10 Muharram juga terjadi persitiwa kapal Nabi Nuh terdampar di daratan, Nabi Yusuf dikeluarkan dari sumur, Nabi Yunus keluar dari perut ikan, Nabi ‘Isa lahir pada sepuluh Muharram dan Nabi Musa diselamatkan dari kejaran pasukan Fir’aun.

Niat Puasa Asyura
Copyright©sebarkan

Namun, apakah anda sudah mengetahui bagaimana bacaan dari niat Asyura? Berikut adalah lafadz niat puasa asyura :

نويت الصوم في يوم عاشوراء سنة لله تعالي

Tulisan Latin: Nawaitu As Shauma fi Yaumi ‘Asyura Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa Asyura, sunnah karena Allah ta’ala.”

Ketika Rosulallah SAW berada di Madinah, dirinya telah mendapati bahwa ada seorang Yahudi yang sedang berpuasa. Kemudian Nabi bertanya puasa apa yang sedang dia jalankan. Mereka menjawab “Pada hari ini Allah SWT menyelamatkan Musa dan menenggelamkan Fir’aun. Akhirnya Nabi Musa puasa pada hari itu sebagai bentuk rasa syukur.”.

Mengetahui dengan jawaban tersebut, Nabi berkata “Kami lebih berhak atas puasa Musa daripada kalian.” Nabi Muhammad SAW kemudian berpuasa dan memerintahkan umat Islam untuk puasa,” (HR Ibnu Majah).

Di dalam riwayat lain juga telah disebutkan, Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda : “Jika tahun depan kita bertemu dengan bulan Muharram, kita akan berpuasa pada hari kesembilan (tanggal sembilan).“(H.R. Bukhari dan Muslim).

baca juga :

Berita Terkini : Peringati Hari Komunitas Sosial, Tokopedia Ajak Top Community dalam Kegiatan CSR !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here