Berita Hari Ini: Menelisik Peta Kekuatan Dalam Persiapan Pilkada DKI Jakarta 2017 !

0
1897
Pilkada DKI
Copyright©mediajakarta

Berita Hari Ini: Menelisik Peta Kekuatan Dalam Persiapan Pilkada DKI Jakarta 2017 !

Indowarta.comPilkada DKI Jakarta 2017 memang menyedot banyak perhatian di kalangan masyarakat. Ibu Kota ini memang memiliki daya tarik yang berbeda dari daerah yang lainnya walaupun ada 100 daerah lainnya yang juga akan melaksanakan Pilkada tahun 2017. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah sebauh survey yang telah dilakukan oleh LSI terkait dengan demografi para pendukung masing-masing pasangan calon.

Tidak hanya menunjukan tren yang turun tentang elektabilitas dari Ahok saja, namun hasil survei yang telah dilakukan LSI ini juga menyebutkan bahwa elektabilitas dari masing-masing pasangan calon juga mengalami penurunan.

Setidaknya ada tiga hal yang menarik untuk diketahui terkait dengan survei LSI yang telah dirilis pada bulan Oktober yang lalu. Yang pertama adalah dilihar dari kelompok berdasarkan pendapatan. Kemudian dilihar dari sisi rentang usia dan yang terakhir adalah berdasarkan pendidikan.

Pilkada DKI
Copyright©poskotanews

Dilihat dari segi pendapatan, tampak jelas bahwa kelompok yang mempinyai pendapatan dibawaH UMR masih belum menentukan pilihan mereka, sebesar 43,7 persen berada di bawah Rp 1 juta dan sebesar 34,2 persen berada di bawah Rp 3,5 juta. Untuk mereka yang mempunyai penghasilan di atas Rp 3,5 juta telah memilih pasangan Ahok.

Kalangan yang lebih mapan nampaknya cenderung lebih menjatuhkan pilihannya kepada pasangan Ahok Djarot. Tidak hanya di dalam segi pendapatan saja, namun juga segi usia juga. Kelompok dari rentang usia 30 hingga 39 tahun dan juga 40 hingga 49 tahun lebih cenderung menjatuhkan pilihan mereka kepada Ahok Djarot.

Kemudian untuk kelompok usia muda yang berada di usia dibawah 29 tahun lebih menyukai pasangan dari Cikeas yakni Agus Sylviana. Sedangkan untuk pasangan Anies Sandiaga lebih dipilih oleh kelompok berpendidikan, kuliah dan diatasnya sebesar 31,2 persen.

Sekitar 7,4 juta jiwa awrga ibu kota akan mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017. Namun apakah hasil survei LSI tersebut sudah mencerminkan tentang sikap dari para pemilih ibu kota?

baca juga :

Berita Terkini: Ahok Layangkan Permintaan Maaf Untuk Umat Islam !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here