Berita Hari Ini: Sungai Bengawan Solo Meluap, Sekolahan Dan Sawah Terendam Air !!!

0
987
sungai bengawan solo meluap

Berita Hari Ini: Sungai Bengawan Solo Meluap, Sekolahan Dan Sawah Terendam Air !!!

Indowarta.comSungai Bengawan Solo meluap sejak dua hari ini. Sungai Bengawan Solo di sekitar Bojonegoro Jawa Timur tak mamou menampung air hujan yang curahnya cukup tinggi.

Akibat Sungai Bengawan Solo meluap beberapa sekolah diliburkan. Luapan air sungai ini setinggi 5 hingga 70 cm.

Diantara beberapa sekolah yang diliburkan, antaranya adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pilang Gede. Sekolahan ini terletak di Desa Pilang Gede kecamatan Balen Bojonegoro. Ternyata rendaman air sungai ini telah terjadi sejak dua hari belakangan ini.

Karena sekolah diliburkan, aktivitas belajar anak-anak menjadi berhenti sementara. Hal ini karena semua ruangan sekolah terendam banjir.

sungai bengawan solo meluap.

Seorang murid SD mengatakan jika banjir akibat Sungai Bengawan Solo meluap sering kali merendam sekolahnya. Sehingga mereka terpaksa diliburkan. Dalam satu bulan, banjir yang terjadi sebanyak tiga kali.

Hal ini tak lain karena gedung sekolah hanya berjarak 20 meter dari bibir Sungai Bengawan Solo. Tentu saja banjir kerap kali mengintai sekolah ini. Apalagi jika musim penghujan telah tiba.

Selain bangunan sekolah, Sungai Bengawan Solo meluap telah merendam ratusan hectare tanaman padi di Desa Cangaan dan Tamhrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Camat Kanor Subiyono menuturkan bahwa tanaman padi yang telah terendam air banjir di desa Cangaan seluas 56 Hektare. Sedangkan banjir juga merendam tanaman padi di desa Tambahrejo seluas 60 hektare. Tanaman padi yang terendam rata-rata berumur 60 hari.

Tak hanya tanaman padi, tanaman jagung juga ikut terendam banjir akibat Sungai Bengawan Solo meluap. Dari hitungan sementara luas tanaman jagung yang terendam sekitar 45 hektare.

Subiyono menambahkan jika air Sungai Bengawan Solo meluap segera surut, maka ada harapan tanaman padi dan jagung bisa selamat. Petani masih bisa panen meski hasilnya tidak maksimal. Tetapi jika ketinggan luapan air masih terus naik, petani hanya bisa pasrah. Meski begitu ketinggian air di daerah hulu telah surut.

baca juga :

Berita Hari Ini: Banjir Rendam Wilayah Ibu Kota Dan Sungai Bengawan Solo Akibat Curah Hujan Tinggi !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here