Berita Hari Ini: Mengintip Hasil Survei Tiga Lembaga Untul Pilkada DKI 2017, Ahok Masih Unggul !

0
11227
Pilkada DKI
Copyright©poskotanews

Berita Hari Ini: Mengintip Hasil Survei Tiga Lembaga Untul Pilkada DKI 2017, Ahok Masih Unggul !

Indowarta.com– Beberapa lembaga survei kini telah mengeluarkan hasil survei masing-masing yang telah mereka lakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui elektabilitas dan juga popularitas sementara dari pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur menjelang Pilkada DKI 2017.

Ada tiga pasangan calon yang telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemililhan Umum Daerah DKI (KPUD DKI). Tiga pasangan yang sudah mendaftarkan dirin tersebut adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan Djarot Saiful Hidayat, Anies Baswedan Sandiaga Uni, dan yang terakhir adalah Agus Harimurti Yudhoyono Sylviana Murni.

Lingkaran Survey Indonesia atau LSI juga telah merilis hasil survei terhadap tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Hasil survei ini telah dirilis pada hari Selasa 4 Oktober 2016.

Survei  yang dilakukan oleh LSI tersebut menggunakan metode multistage random sampling dan dilaksanakan pada tanggal 26 hingga 30 September 2016. Jumlah responden dari survei ini adalah sebanyak 400 responden.

Survei dilakukan dengan tatap muka menggunakan kuisioner. Besaran margin of error dalam survei ini adalah 4,8 persen.

Agus Yudhoyono
Copyright©kapanlagi

Hasil dari survei tersebut adalah menyebutkan bahwa Ahok Djarot mendapatkan suara sebesar 31,4 persen responden, Anies Baswedan Sandiaga Uno sebesar 21,1 persen dan Agus Harimurti Sylviana Murni sebesar 19,3 persen.  Sedangkan swing voters terhitung sebanyak 28,2 persen. Tiga pasangan disebut masih mempunyai peluang untuk mendapatkan suara pemililh itu.

Kemudian setelah selang tiga hari LSI kembali merilis hasil survei mereka yang telah dilakukan pada 29 September hingga 2 Oktober 2016. Total yang menjadi responden adalah 440 warga DKI Jakarta.

Penelitian hampir sama dengan yang sebelumnya. dalam kali ini dilengkapi dengan riset kualitatif yang juga mencakup focus group discussion, media analisis dan depth interview.

Di dalam kondisi Ahok Djarot melawan Anies Sandiaga, sebanyak 64,3 persen pendukung Agus Sylviana akan menglihkan pilihannya ke pasangan Aneis Sandiaga.  Sebanyak 8,6 persen pendukung Anies Sandiaga akan beralih ke Ahok Djarot.

Dan sebaliknya, apabila Ahok Djarot melawan Agus Sylviana, maka sebanyak 59,1 persen pendukung dari Anies Sandiaga akan memilih Agus Sylviana. Sementara itu sebanyak 8,6 persen pendukung dari Anies Sandiaga akan memilih Ahok Djarot.

baca juga :

Berita Hari Ini: Menelisik Peta Kekuatan Dalam Persiapan Pilkada DKI Jakarta 2017 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here