Berita Terkini: Hakim Yang Mengadili Kasus Jessica Wongso Terduga Suap?

0
1820
Hakim Sidang Jessica Wongso
Copyright©uodoo

Berita Terkini: Hakim Yang Mengadili Kasus Jessica Wongso Terduga Suap?

Indowarta.com– Salah satu seorang anggota Majelis Hakim yang memimpin sidang kasus kematian Wayan Mirna Salihin yakni Partahi Tulus Hutapea telah diduga terlibat di dalam kasus suap. Diduga bahwa Partahi dan hakim lainnya Casmaya telah bertemu dengan pengacara yang sedang beperkara dan juga menyepakati pemberian uang sebesar 28.000 dollar Singapura.

Hal tersebut telah diketahui dalam surat dakwaan terhadap staf Wiranatakusumah Legal and Consultant yakni Ahmad Yani. Pada hari Rabu 12 Oktober 2016 telah dibacakan dakwaan terhadap Ahmad Yani oleh Jaksa Penuntut pada Komisi Pemeberantasan Korupsi di Pengadilan Tipikor.

Pulung Rinandoro yang merupaka Jaksa KPK mengatakan bahwa uang tersebut diberikan dengan maksud agar Partahu selaku ketua majelis hakn dam Casmaya selaku anggota majelis hakim memenangkan pihak tergugat yang diwakili olwh Raoul Adhitya Wiranatakusumah.

Hakim Sidang Jessica Wongso
Copyright©tribun

Di dalam surat dakwaan tersebut, disebutkan bahwa Partahi pernah bertemu dengan salah satu seorang pengacara yang tengah berperkara dengannya yakni Raoul Wiranatakusumah.

Di ruang kerja hakin di Pengadilan Jakarta Pusat pertemuan tersebut dilakukan. Diduga bahwa sesuai dengan permintaan dari Raoul, Partahi telah memutus perkara perdata. Dalam kasus ini, Santoso lah yang melakukan penyerahan uang sebesar 28.000 dollar Singapura. Santoso sendiri merupakan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Santoso telah ditangkap oleh petugas KPK sesaat setelah menerima uang tersebut. penyidik KPK kini tengah memeriksa tiga hakin Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yakni Casmaya, Agustinus Setyo Wahyu dan juga Partahi Tulus Hutapea. Mereka bertiga diperiksa terkait dengan kasus dugaan suap terhadap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Santoso.

Sementara itu Casmaya mengaku bahwa dirinya tidak pernah berhubungan dengan pihak berperkara yang kini telah menjadi tersangka di KPK. Casmya juga membantah apabila dirinya mempunyai kartu nama salah satu pengacara yang diduga menyuap panitera PN Jakarta pusat. Bantahan tersebut dilayangan Casmaya setelah dirinya menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN. Hal ini masih dalam pengembangan pihak yang berwajib.

baca juga :

Berita Hari Ini: Mengintip Hasil Survei Tiga Lembaga Untul Pilkada DKI 2017, Ahok Masih Unggul !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here