Berita Terkini: Raja Pemersatu Thailand ‘Bhumibol’ Wafat, Thailand Tetapkan Masa Berkabung Selama Satu Tahun !

0
1494
Raja Thailand
Copyright©antaranews

Berita Terkini: Raja Pemersatu Thailand ‘Bhumibol’ Wafat, Thailand Tetapkan Masa Berkabung Selama Satu Tahun !

Indowarta.com– Bhuimbol Adulyadej yang merupakan raja Thailand telah meninggal dunia pada hari Kamis 13 Oktober 2016 pada usia yang menginjak 88 tahun. Dalam beberapa tahun terakhir, Raja Thailand ini menderita sakit dan kondisinya semakin memburuk dalam beberapa hari ini.

Dalam beberapa tahun terakhir ini raja yang banyak dihormati oleh warga Tahiland sangat jarang tampil di depan umum karena kondisi kesehatannya yang semakin memburuk. Walaupun sering menjadi penengah dalam ketegangan politik untuk menemuikan solusi tanpa adanya kekerasan, Rakyat Thailand telah menempatkannya sebagai bapak bangsa yang berada di atas politik.

Hingga akhir hayatnya ini, Raja Thailand merupakan merupakan raja yang paling lama berkuasa di dunia. perayaan 70 tahun masa kepemimpinannya diperingati pada hari Kamis 7 Juni 2016 lalu. perayaan tersebut dibayangi dengan kesedihan karena kondisi kesehatan sang raja yang semakin memburuk dan tidak bisa tampil di depan umum.

Pada sepuluh tahun sebelumnya, suasana perayaan tahtanya sangatlah berbeda. Pada saat itu ratusan orang telah berkumpul untuk mendengarkan pidato darinya.

Raja Bhumibol teah berkuasa pada 9 Juni 1946 silam setelah saudaranya meninggal dunia yakni Raja King Ananda Mahidol. Saudaranya tersebut meninggal dunia akibat insiden penembakan yang hingga sekarang masih belum jelas penyebabnya. Insiden penembakan tersebut terjadi di Ibu Kota Bangkok.

Bhumibol Adulyadej lahir pada tanggal 5 Desember 1927 di Camridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Ada saat itu ayahnya sedang menempun pendidikan perguruan tinggi di Universitas Harvard. Kemudian keluarga mereka kembali ke Thailand. Namun pada saat Bhumibol berusia 2 tahun, ayahnya meniggal dunia.

Raja Thailand
Copyright©klimg

Setelah sang ayah meninggal dunia, sang ibu pindah ke Swiss yang merupakan tempat pangeran muda menimba ilmu. Sebagai anak lelaki muda, dirinya sangat menikmati kegemaran berbudaya seperti fotografi, bermain Saksofon dan juga menggubah. Selain itu dirinya juga gemar melukis dan menulis.

Peghormatan dari publik atas

 ini sangatlah tulus. Selama masa pemerintahannya yang panjang, Raja Bhumibol telah menghadapi gejolak politika yang berubah ubah. Dalam menghadapi politik, sangat terlihat keahliannya sebagai seorang diplomat dan juga kemampuannya untuk merangkul warga sipil di Thailand.

baca juga :

Berita Hari Ini: Mengintip Hasil Survei Tiga Lembaga Untul Pilkada DKI 2017, Ahok Masih Unggul !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here