Berita Terkini: Status Gunung Bromo Waspada, Gunung Sinabung Awas- Bandara Gamarmalono Ditutup Akibat Debu Dukono !!

0
885
gunung bromo

Status Gunung Bromo Waspada, Gunung Sinabung Awas- Bandara Gamarmalono Ditutup Akibat Debu Dukono !!

Indowarta.com- Gunung Sinabung bersatus Awas level IV. hal ini diungkapkan oleh Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Gunung Soputan berstatus Siaga level III di Kabupaten Minahasa Tenggara Minahasa Selatan dan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Selain itu Sutopo juga menjelaskan status Gunung Lokon di Kota Tomohon dan 15 gunung lainnya dengan status Waspada level II.

Dari 15 gunung yang berstatus waspada tersebut adalah Gunung Bromo, Lokon, Dukono, Kerinci, Rokatenda, Awu, Gamalama, Egon, Raung, Ibu, Papandayan, Gamkonora, Krakatau, Semeru, dan Merapi.

Gunung bromo di Malang jawa Timur yang saat ini berstatus waspada berlaku sejak kemarin Jumat 26 Februari 2016 pukul 13.00 WIB. Daerah berbahaya sudah dipersempit menjadi 1 KM dari 2,5 KM.

Meski demikian wisatwan tidak diizinkan melakukan aktivitas di sekitar radius 1 KM dari puncak kawah. Sedangkan wisatawan dan warga yang tinggal tidak jauh dari kaki Gunung Bromo tidak perlu mengungsi

BNPB juga mengumumkan terkait adanya banir yang melanda Ibu Kota Jakarta. Diprediksi pada Februari 2016. Sehingga saat ini tengah dipersiapkan untuk menghadapi bencana tersebut.

gunung dukono

Sutopo juga menjelaskan jika banjir yang melanda Ibu Kota adalah kiriman dari Bogor. Untuk siaga darurat banjir terjadi pada Minggu I- III februari 2016. Sedangkan tanggap darurat pada Minggu ke III – IV februari 2016.

Sementara itu Bandara Gamarmalamo di Halmahera Utara, Kabupaten Maluku Utara ditutup mulai pukul 09.45 WIT. Penutupan ini akibat adanya aktivitas Gunung Dukono. Diperkirakan bandara ditutup hingga besok pukul 09.45 WIT.

Humas Kementerian Perhubungan, JA Barata menyatakan Bandara Gamar Malamo dihentikan aktivitasnya karena dampak dari Gunung Dukano.

Badan Geologi Kementrian ESDM menyatakan status Gunung Dukono adalah waspada. Terbilang status ini berlangsung sejak 15 Juni 2008.

Diketahui Senin, 15 februari 2016 Gunung Dukano mengeluarkan debu vulkanis dengan ketinggian 1,5 KM.

Berikut ini beberapa pesawat yang mendarat di Bandara Gamarmalono Batik Air, Lion, Wings Air. Ketiganya dari penerbangan Bandara Samratulangi, Manado.

baca juga :

Berita Hari Ini: Gunung Bromo Keluarkan Bau Belerang, Penurunan Status Dikaji Ulang!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here