Berita Terkini: Dicopot Dari Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan Dilantik Jadi Menteri ESDM Hari Ini !

0
2130
Ignasius Jonan
Copyright©squarespace

Berita Terkini: Dicopot Dari Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan Dilantik Jadi Menteri ESDM Hari Ini !

Indowarta.com– Pada hari Jumat 14 Oktober 2016, presiden Joko Widodo telah melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Sedangkan Arcandra Tahar dilantik sebagai Wakil Menteri ESDM. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negeri Jakarta.

Sebelumnya tidak ada pengumuman tentang pengangkatan dari Jonan dan Arcandra. Mereka berdua langsung memasuki ruang pelantikan sekitar pukul 13.15 WIB. Lalu sekitar pukul 13.30 presiden Joko Widodo masuk dalam ruangan.

Stelah itu Kepres segera dibacakan dan Presiden secara langsung memimpin sumpah dan janji keduanya sebagai menteri dan juga wakil menteri.

Dalam reshuffle Kabinet Kerja jilid II yang telah dilakukan pada akhir Juli yang lalu, Ignasius telah dicopot dari jabatannya yakni Menteri Perbhubungan. Sementara itu pada reshuffle Kabinet Kerja Ii, Arcandra merupakan mantan menteri ESDM yang dilantik oleh Joko Widodo.

arcandra
Copyright©tribunnews

Namun setelah 20 hari menjabat sebagai menteri ESDM, Arcandra telah dicopot oleh Joko Widodo karena masalah kewarganegaraan. Diketahui bahwa arcandra memegang paspor Amerika Serikat.

Sudah hampir dua bulanan ini tugas dari menteri ESDM dipegang oleh pelaksana tugas yakni Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjandjaitan. Pemerintah telah memutuskan bahwa arcandra merupakan warga negara Indonesia setelah tidak lama ini melakukan penelusuran.

Hal tersebut telah tertuang di dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM pada tanggal 1 September 2016 yang lalu. sebenarnya tidak ada posisi wakil menteri ESDM pada nomenklatur sebelumnya. namun posisi ini mendadak muncul.

Sementara itu Ketua DPR RI yakni Ade Komarudin telah mengucapkan selamatnya atas dilantikanya Ignasius Jonan sebagai menteri ESDM dan Arcandra sebagai wakil menteri ESDM. Ade Komarudin menilai bahwa pasangan ini merupakan pasangan yang sangat cocok. Mereka berdua mempunyai reputasi yang bagus.

Menurut Ade, Jonan adalah orang yang mempunyai integritas. Sedangkan Arcandra dinilai mempunyai intelektual dan pengalaman yang bagus di dalam bidang ESDM. Ade Komarudin meminta kepada semua pihak untuk tetap menjaga aset bangsa.

baca juga :

Berita Hari Ini : Inilah Nama Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Yang Diumumkan Oleh Presiden Jokowi !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY