Berita Hari Ini: Gorontalo Digoyang Gempa 4.3 SR !

0
1207
Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!

Berita Hari Ini: Gorontalo Digoyang Gempa 4.3 SR  !

Indowarta.com– Perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Gorontalo yakni Fathuri mengatakan bahwa gempa bumi yang memiliki kekuatan sebesar 4,3 skala Richter terjadi di daerah itu pada hari jumat 14 Oktober 2016 Gempa Gorontalo tersebut terjadi sekitar pukul 12.51.38 WITA.

Lokasi dari pusat Gempa Gorontalo tersebut terletak di 0,11 derajat Lintang Selatan dan 122,91 derajat Bujur Timur, atau 88 kilometer Barat Daya Gorontalo. Gempa tersebut tidak berpotensi gempa dan kedalaman gempa berada di 128 kilometer. Gempa tersebut tidak terasa oleh beberapa warga di Kota Gorontalo.

Pada sebelumnya BMKG Gorontalo telah menyatakan bahwa Gorontalo merupakan salah satu daerah yang merupakan paling rawan terjadi gempa bumi. Selama September dan Oktober ini akan terjadi gempa palling besar adalh terjadi pada tanggal 4 Oktober 2009 dengan kekuatan sebesar 5,3 SR.

Berita Hari Ini: Gempa Bumi 4,2 SR Getarkan Pulau Sumba NTT, Intensitas Meningkat Beruntun !!

Berdasarakan dari pengamatan yang telah dilakukan, sebagian besar wilayah gempa tersebut pusatnya berada di sekitar perairan Teluk Tomini dan juga di Wilayah Barat Daya Gorontalo. Dia menjelaskan bahwa besarnya magnitude dan juga kedalaman dari pusat gempa yang terjadi ini mempengaruhi besarnya guncangan Gempa Gorontalo yang terasa.

Fathuri mengatakan “Kadang kekuatan gempanya besar, tapi kedalamannya jauh biasanya guncangan tidak terasa, demikian juga sebaliknya,”. Fathuri menjelaskan bahwa lempeng yang paling berpengaruh adalah lempeng Pasifik. Sementara itu lempeng Indoaustralia hanya memiliki dampak yang kecil terhadap seluruh gempa yang terjadi di daerah tersebut.

baca juga :

Mengintip Sosok Puskesmas Kebon Jeruk Yang Sampai Saat Ini Masih Viral Di berbagai Media Sosial !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here