Berita Terkini: Polisi Berhasil Tangkap Sindikat Penjual Kukang Jawa Via FB !

1
777
FB
Copyright©wikimedia

Berita Terkini: Polisi Berhasil Tangkap Sindikat Penjual Kukang Jawa Via FB !

Indowarta.com– Sindikat perdagangan satwa langka dilindungi di wilayah Jawa Barta telah berhasil diringkus oleh Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus). Hewan dilindungi yang telah diperdagangkan oleh sindikat ini kebanyakan adalah hewan kukang Jawa atau nama latinnya adalah Nycticebus javanicus.

Wakil Direktorat Reskrimsus AKBP Diki Budiman saat ditemui di Markas Polda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung pada hari Selasa 18 Oktober 2016 mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan lima tersangka. Yang tiga adalah pemburu sedangkan yang dua lainnya adalah pengepul. Polisi curiga masih ada lagi satu pengepul yang kini masih dalam proses pengejaran polisi.

WAJIB BACA :  Heboh di FB, Pria Panjat Tiang Listrik Bikin Heboh, Ini Alasan Konyolnya!

Diki menjelaskan bahwa terbongkarnya sindikat perdagangan hewan yang dilindungi ini adalah berawal dari tertangkapnya satu orang pemilik kukang Jawa yang berinisial AS di daerah Kosambi, Kota Bandung. Setelah itu polisi segera melakukan pengembangan dan diketahui bahwa AS telah membeli hewan tersebut dari pengepul.

FB
Copyright©kompas

Dari hasil pengembangan tersebut, polisi telah berhasil menangkap dua pengepul dalam sindikat tersebut. mereka berdua berinisial HA dan BF. Mereka diamanakan di tempat yang berbeda yakni di Cipatat, Kabupaten Bandung dan yang satunya di Kosambi, Kota Bandung.

Setelah mendapatkan keterangan dari pengepul tersebut, kemudian telah berhasil diamankan 3 pemburu hewan tersebut yakni Junaedi, Kusnadi, dan Aceng. Tidak hanya itu saja, mereka ternyata juga berdagang di media sosial Fb dengan menggunakan akun yang bernama Joss Animal. Informasi ini telah didapatkan dari LSM pecinta satwa.

WAJIB BACA :  FB Semakin Bernafsu Dapatkan Hak Siar LaLiga!

Di dalam kasus ini, pihak Direktorat Reskrimsus Polda Jawa Barat telah mengamankan beberapa barang bukti dari para pengepul. Barang bukti tersebut adalah 34 ekor kukang Jawa dan satu kura-kura. Para pengepul tersebut mengaku bahwa mereka telah mendapatkan pasokan kukang Jawa dari para pemburu dengan harga Rp 50.000 per ekornya.

Hewan tersebut telah diburu dari beberapa daerah di Jawa Barat seperti Garut, Sumedang, Cililin, Cianjur, Sukabumi dan juga Tasikmalaya. Setelah mendapatkan kukang dari para pemburu, pengepul ini menjual kembali kukang tersebut dengan harga Rp 200.000 sampai Rp 500.000 per ekor.

baca juga :

Begini Cara Membersihkan FB Terkait Ribut Pilkada Dan Sebagainya !

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here