Berita Terkini : Polri Beberkan Tempat Paling Rawan Pungli, Proses Pembuatan SIM !

0
952
Pungli

Berita Terkini : Polri Beberkan Tempat Paling Rawan Pungli, Proses Pembuatan SIM !

Indowarta.com– Beberapa unit di lalu lintas di sejumlah Polda ternyata masih merupakan lahan yang empuk bagi praktik pungutan liar atau Pungli. Sebanyak 160 kasus pungli yang telah terjadi di unit yang melayani pembuatan SIM, STNK, dan surat kendaraan yang lainnya. Hal ini berdasarkan dari catatan Divisi Humas Polri.

Kepala bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengungkapkan bahwa ada bebrapa hal yang menadji penyebab maraknya praktik pungli ini di unit lalu lintas. Punglli tersebut terutama ada di pelayanan pembuatan SIM.

Menurut Martinus, yang paling rawan terjadi pungli adalah proses pembuatan SIM. Penyebabnya yang pertama adalah karena banyaknya persyaratan dan juga uji praktik yang menyulitkan banyak orang sehingga ada orang yang menggunakan cara cepat untuk mendapatkan SIM.

Kemudian yang kedua adalah mereka yang telah gagal dalam menempuh ujian, telah memilih jalan pintas saja. bahkan dari pihak internal anggota juga telah memberikan celah untuk terjadinya pungli ini. Dalam hal ini ada dua unsur yakni mereka yang ingin cepat lulus dan juga aparatnya yang memberikan kesempatan untuk pungli.

Pungli

Banyaknya para calo yang berada di unit lalu lintas ini dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mempermudah mendapatkan SIM. Hal ini juga berpotensi menimbulkan pungli.

Kemudian yang ketiga adalah juga ada lokasi pembuatan SIM adalah para calo. Bisa jadi calo ini ditunjuk oleh aparatur atau bisa saja calo ini telah secara resmi ditunjuk menjadi biro jasa.

Martinus menuturkan bahwa tingginya praktik pungli dalam proses pembuatan SIM, Mabes Polri akan mengevaluasi lagi secara keseluruhan serta meningkatkan pengawasan agar praktik ilegal ini bisa dihilangkan. Salah satu upayanya adalah dengan cara mengevaluasi materi pembuatan SIM.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ada 235 kasus praktik pungutan liar diungkap oleh Polri. Data ini berdasarkan dari hasil penyidikan oleh jajaran Bidang Profesi dan Pengamanan atau Propam yang berada di seluruh Polda sejak tanggal 17 Juli hingga 17 Oktober 2016.

baca juga :

Berita Terkini : Gara Gara Foto Hot Tersebar Luas di Fb, Dua PNS Pekalongan Ini Langsung Dipecat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here