Berita Terkini: Gempa 6.5 SR Subang Hari ini Tak Berpotensi Tsunami !

0
1165
gempa

Berita Terkini: Gempa 6.5 SR Subang Hari ini Tak Berpotensi Tsunami !

Indowarta.com– Gempa Bumi dengan kekuatan 6,5 skala richter telah mengguncang Kabupaten Subang, Jawa Barat pada pagi ini yakni hari Rabu 19 Oktober 2016. Hal ini berdasarkan dari situs resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikaa pada pagi ini yang menyebutkan gempa itu terajdi pada pukul 07.25.

Berdasarkan dari halaman resmi BMKG tersebut, letak dari lokasi Gempa Subang tersebut tepat berada di koordinat 5,29 Lintang Selatan dan 108 Bujur Timur. Titik gempat berada di 120 kilometer sebelah timur laut Subang. Sedangkan untuk kedalaman gempat tersebut berada pada 654 kilometer di bawah permukaan air laut.

Menurut dari Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan bahwa tidak ada korban luka ataupun meninggal dunia akibar dari gempa yang muncul ini. Hingga saat ini masih belum ada laporan mengenai korban yang muncul.

Berdasarkan data dari BNPB menyebutkan bahwa Gempa Subang tersebut tidak berpontensi menimbulkan tsunami. Namun beberapa wilayah di Jawa Barat juga sempat merasakan gempa ini. Beberapa gempat yang juga merasakan goyangan gempa bumi ini adalah Cikarang, Indramayu, Cirebon, Cinajur dan masih ada yang lainnya.

Berita Hari Ini: Gempa Bumi 4,2 SR Getarkan Pulau Sumba NTT, Intensitas Meningkat Beruntun !!

Selain itu pada hari ini juga terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 6,3 di Laut Jawa. Gempa ini bisa dirasakan hingga ke Sumatera. Gempa dirasakan dari Padang hingga ke Bali.

Gempa kali ini muncul dari kedalaman 654 kilometer berada dari arah 120 kilometer timur laut Subang. Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mengatakan bahwa gempa pada skala berbeda, rata-rata II pada skala intensitas gempa BMKG atau III MMI.

Gempat tersebut telah dirasakan di Jawa Barat, Sumater, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Padang. Daryono menyebutkan bahwa dengan kedalaman 615 kilometer, gempa terebar di dalam spektrum sangat luas. Gempa dengan hiposenter melebihi 300 kilometer di Laut Jawa ini sebagai fenomena yang menarik karena jarang terjadi.

baca juga :

Berita Hari Ini: Gorontalo Digoyang Gempa 4.3 SR !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here