Berita Terkini: Warga Jakarta Diminta Waspada Akibat Efek gempa Di Subang !

0
823
Berita terkini: Lagi.. Gempa Bumi Guncang NTT 3,1 SR Setelah 3,4 SR - Tasikmalaya Digetarkan 2,8 SR Terasa hingga Jakarta !!

Berita Terkini: Warga Jakarta Diminta Waspada Akibat Efek gempa Di Subang !

indowarta.com- Pagi hari ini gempa telah mengguncang Kabupaten Subang, Jawa Barat. gempa tersebut memiliki kekuatan sebesar 6,5 skala richter (SR). Melalui akun resmi media sosial Twitternya, Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika telah menyebutkan bahwa gempa Subang terjadi sekitar pukul 07.25 WIB.

Lebih tepatnya gempa Subang tersebut berlokasi di 5,29 Lintang Selatan, 108,00 Bujur Timur dengan kedalaman hingga 654 kilometer. Efek dari gempa dapat dirasakan hingga Jakarta dan sekitarnya dengan kekuatan yang lemah walaupun gempa tersebut terjadi di Subang.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, walaupun kekuatan dari gempat cukup besar, dikabarkan tidak menimbulkan kerusakan. Hal ini karena pusat gempa yang sangat dalam sehingga efeknya kecil.

Sutopo mengatakan bahwa pusat gempa berada di dalam Lempeng Eurasia bukan pada subduksi lempeng. Kejadian gempa kali ini bisa dibilang cukup aneh karena bersumber di daerah sesar atau subduksi yang sering muncul gempa tapi masih di dalam lempeng Eurasia.

Berita Hari ini: Lagi.. Gempa Mentawai Susulan 5,8 SR, Tak Berpotensi Tsunami !!

Selain itu Sutopo menginstruksikan adanya antisipasi supaya bagunan tingi dibangun degnan konstruksi yang kuat dan juga tahan gempa. Menurut Sutopo, Jabodetabek meruapakan salah satu daerah yang bisa dibilang rawan gempa yang sumbernya dari daerah sekitar.

Tidak hanya bangunan saja yang harus disiapkan, namun manusianya juga harus di siapkan. Hal iniĀ  guna menghadapi gempa yang bisa datang kapan saja yang setiap saat bisa datang.

Hingga saat ini di Kabupaten Subang, Jawa Barat masih belum ada laporan yang menyebutkan tentang korban jiwa ataupun kerusakan yang telah timbul akibat Gempa Subang ini. Diperkirakan bahwa tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan yang telah ditimbulkan oleh gempa ini. Aktivitas dari masyarakat hingga saat ini juga masih berjalan secaara normal.

Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan Tsunami. Beberapa wilayah juga sempat merasakan getaran dari gempa ini seperti Cikarang, Indramayu, Cirebon, Cianjur dan yang lainnya.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa 6.5 SR Subang Hari ini Tak Berpotensi Tsunami !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here