Berita Terkini: Ini Lho Prediksi Ahok Untuk UMP DKI 2017 !

0
2618
ahok
Copyright ©liputan6

Berita Terkini: Ini Lho Prediksi Ahok Untuk UMP DKI 2017 !

Indowarta.com– Gubernur DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaj Purnama atau yang sering disapa dengan nama Ahok telah memprediksikan ada sedikit perubahan dari nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2017 yakni menjadi sekitar Rp 3,2 juta hingga Rp 3,4 juta.

Pada hari Rabu 19 Oktober 2016 di Balai Kota Jakarta Ahok mengatakan bahwa UMP akan naik sedikit. Dirinya tidak tahu pasti mungking berkisar dari Rp 3,2 juta atau Rp 3,4 juta. Sedangkan UMP DKI 2017  saat ini adalah sebesar Rp 3,1 juta.

Ahok memastikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan tetap mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tentang Pengupahan dalam Menentukan UMP. Dalam hal ini penentuan UMP menggunakan perhitungan yang juga mempertimbangkan tentang Kebutuhan Hidup layak atau KHL tahun ini, Inflasi dan juga pertumbuhan ekonomi. Ahok mengatakan “Jadilah UMP tahun depan, kan di PP-nya begitu, bukan survei KHL,”.

Terkait dengan penentuan UMP DKI Jakarta tahun 2017, Dewan pengupahan sudah menyelenggarakan rapat pembahasan. Dewan Pengupahan ini terdiri dari Pemerintah, Pengusaha, dan juga Buruh.

Ahok

Anggota Dewan Pengupahan dari unsur buruh telah mengusulkan besaran UMP DKI 2017  yakni sebesar Rp 3,8 juta. Hal ini berdasarkan dari survei KHL yang telah dilakukan di tujuh pasar tradisionl. Sementara itu Dewan Pengupahan Unsur Pengusaha telah mengusulkan agar UMP DKI Jakarta sebesar Rp 3,3 juta. Hal ini mengacu pada PP No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Hingga saat ini, rapat pembahasan dari penentuan UMP DKI 2017  ini masih belum menghasilkan keputusan. Hal ini karena antara pengusaha maupun buruh masih belum menemui titik temu mengenai besaran ideal UMP yang mereka inginkan.

Anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan bahwa pengusaha telah menginginan UMP 2017 sebesar Rp 3,3 juta. Jika mengacu pada PP No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, Sarman menyatakan bahwa usulan UMP yang didapat adalah Rp 3.351.410. jumlah tersebut sudah mengalami kenaikan sebesar 8,11 persen dari sebelumnya yakni Rp 3,1 juta.

baca juga :

Berita Terkini: Begini Hitungan Buruh Saat Tuntut UMP Rp 3,8 Juta di 2017 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here