Berita Terkini: Pelaku Peretasan Linkedin Akhirnya Berhasil Ditangkap !

0
594
Linkedin
Copyright©Linkedin

Berita Terkini: Pelaku Peretasan Linkedin Akhirnya Berhasil Ditangkap !

Indowarta.com– Apakah anda masih ingat pada tahun 2012 yang lalu tentang kasus peretasan LinkedIn yang baru terungkap baru-baru ini? Ternyata pelaku peretasan tersebut telah berhasil ditangkap oleh Federal Bureau Investigation (FBI) dan Kepolisian Republik Ceko.

Pada hari Jumat 21 Oktober 2016 pelaku merupakan warga dari negara Rusia. Para pengguna 117 juta pengguna Linkedln telah menjadi korban karena tindakan dari peretas tersebut.

Juru Bicara Kepolisian dari Republik Ceko menyebutkan bahwa penangkapan peretas itu telah dilakukan sejak beberapa pekan yang lalu. Namun penangkapan ini baru diumumkan karena adanya alasan taktik. Adapun penahanan dilakukan oleh Interpol.

Hingga saat ini masih belum dipastikan apakah tersangka tersebut akan diekstradisi ke Amerika Serikat. Sejauh ini Pengadilan dari Kota Praha ini masih memutuskan tersangka ditahan sampai keputusan sidang ekstradisi  resmi telah dikeluarkan. Hingga sekarang penetapan keputusan masih belum ditetapkan.

Linkedin
Copyright©Linkedin

Identitas dari pelaku tersebut sama sekali tidak diungkapkan oleh FBI dan juga Republik Ceko. Namun berdasarkan isu yang telah beredar, dalam sebuah tayangan video telah disebutkan bahwa sang pelaku adalah bernama Yevgeniy N.

Perlu diketahui bahwa kasus kebocoran data Linkednln ini baru diketahui pada bulan Mei 2016 yang lalu. Email yang berisikan email pemberitahuan yang meminta para penggunanya untuk mengganti kata sandinya. Perusahaan ini sebelumnya sudah dibeli oleh Microsoft.

Ternyata yang mendapatkan email pemberitahuan untuk mengganti kata sandi ini adalah mereka para pengguna yang tidak pernah melakukan penggantian kata sandi semenjak tahun 2012 yakni pada saat dugaan pelanggaran keamanan ini telah terjadi.

Linkedln ini memang telah diketahui pada beberapa kali ini menjadi sasaran empuk untuk para peretas. Sebelumnya pada tahun 2015 ini telah ditemukan banyak akun yang palsu yang telah digunakan untuk membajak atau mengirimkan pesan sampah (spam) pada korban.

Linkedln merupakan situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis terutama digunakan untuk jarigan profesional. Sampai bulan September 2007 situs tersebut telah memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar.

baca juga :

Berita Terkini : Milawati, Gadis Cantik Yang Dinikahi Haji Nasir Kini Sudah Pisah Ranjang Lho, Balikan Dengan Kekasih Lama !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here