Berita Terkini: Berbagai Hal Inikah Yang Penyebab Utama Banjir Bandung?

0
762
banjir Bandung

Berita Terkini: Berbagai Hal Inikah Yang Penyebab Utama Banjir Bandung?

Indowarta.com– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memiliki beberapa analisa terkait degnan banjir besar yang terjadi di Pasteur, Bandung. Ada beberapa hal yang menjadi penyebaba banjir bandung tersebut.

Pada hari Senin 24 Oktober 2016 Kepala Humas dan Informasi BNPB yakni Sutopo Purwo melalui media sosial Twitter yang dia miliki menyebutkan bahwa penyebab pertama adalah jebolnya bendungan Citepus. Penyebab yang kedua adalah meluapnya sungai Citepus. Kemudian penyebab yang ketiga adalah dangkalnya sungai dan juga terpadat sumbatan. Sungai yang sangat dangkal dan ada sampah yang menyumbat drainase.

Terkait dengan banjir Bandung yang terjadi ini, Sutopo telah memberikan beberapa catatan. Sutopo sangat menyayangkan bahwa Kota Bandung masih belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD). Sutopo menyebutkan bahwa kota Bandung merupakan wilayah yang rawan bencana namun Pemerintah Kota masih belum membentuk BPBD.

banjir Bandung

Selain itu Sutopo juga menyebutkan bahwa secara umum kota-kota lain juga harus tetap waspada terhadap ancaman perubahan iklim yang kini semakin kian nyata. Hujan yang ekstrem sering terjadi karena dampak pergantian Iklim ini. Ancaman meningkat bagi kota-kota di Indonesia.

Sementara itu Wali Kota Bandung yakni Ridwan Kamil yang sebelumnya telah mengadakan lawatannya ke Belanda sejak hari Kamis lalu yakni 20 Oktober 2016 kini tengah dalam perjalanan menuju ke kota Bandung. Walaupun pada saat ini dirinya tidak sedang berada di kota Bandung, kang Emil tetap memberikan informasi melalui akun resmi Twitter miliknya. Dirinya juga telah menyampaikan rasa minta maafnya karena beberapa kawasan seperti di Jalan Pasteur telah terjadi banjir.

Tidak hanya melalui media sosial Twitter saja, Ridwan Kamil juga menyampaikan rasa minta maafnya melalui akun media sosial Instagram juga. Ridwan Kamil menyebutkan bahwa banjir kini sudah berangsur surut. Tim Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung kini telah bergerak untuk melakukan langkah penyurutan. Banjir bandang ini terjadi setelah hujan deras mengguyur Kota Bandung sejak siang hari.

baca juga :

Game Video Yang Sengaja Memperolok Samsung Galaxy Note 7 Ini Langsung Di Block Di Youtube !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here