Berita terkini: Lagi.. Gempa Bumi Guncang NTT 3,1 SR Setelah 3,4 SR – Tasikmalaya Digetarkan 2,8 SR Terasa hingga Jakarta !!

0
869
Berita terkini: Lagi.. Gempa Bumi Guncang NTT 3,1 SR Setelah 3,4 SR - Tasikmalaya Digetarkan 2,8 SR Terasa hingga Jakarta !!

Berita terkini: Lagi.. Gempa Bumi Guncang NTT 3,1 SR Setelah 3,4 SR – Tasikmalaya Digetarkan 2,8 SR Terasa hingga Jakarta !!

Indowarta.com – Peristiwa Gempa Bumi kembali terjadi di Tanah Air, kali ini menguncang wilayah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggar Timur (NTT) dengan kekuatan getaran mencapai 3,4 skala Ritcher (SR). kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu (28/2/2016) sekitar Pukul 10.14 Wita waktu setempat.

Seperti informasi yang diperoleh dari Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika kelas 1A Kupang, telah menyebutkan jika Gempa Bumi yang terjadi di daerah Sumba Timur  berada pada lokasi 10.05 drajat Lintang Selatan (LS) dan, 119,87 derajat Bujur Timur (BT), posisi Gempa Bumi ini berada di 53 KM barat daya Sumba Timur.

Untuk kedalaman dari Gempa yang terjadi di Sumba ini memiliki kedalaman sekitar 10 KM, dan diprediksikan tidak memiliki potensi bencana Tsunami.

Berita terkini: Lagi.. Gempa Bumi Guncang NTT 3,1 SR Setelah 3,4 SR - Tasikmalaya Digetarkan 2,8 SR Terasa hingga Jakarta !!

Ternyata, Gempa Bumi yang terjadi tidak hanya di NTT saja, pada hari Senin (29/2/2016) ini tadi, dikabarakan  telah terjadi Gempa Bumi di wilayah Priangan Timur Jawa Barat, dengan kekuatan Gemapa mencapai 2,8 SR yang melanda daerah Tasikmalaya, Pangandaran, Bandung , Garut, dan bahkan hingga mencapai sebagian Jakarta. Kejadian Gempa Bumi ini berlangsung sekitar Pukul 07.06 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi , dan Geofisika (BMKG) kelas 1 Bandung telah menyebutkan, jika Gempa Bumi yang terjadi di wilayah Jawa Barat ini terletak di 8.42 Lintang Selatan (LS) serta 107.89 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman gempa mencapai 10 KM juga.

Lokasi yang mengalami Gempa Bumi ini mulai 276 Tenggara Jakarta, 169 KM Tenggara Bandung, 117 Km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, 103 KM Tenggara Kabupaten Garut, hingga 89 KM Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya.

Meskipun getaran dari Gempa Bumi sempat dirasakan oleh warga yang hidup di sekitar pinggir pantai, namun mereka tidak perlu khawatir karena Gempa Bumi yang terjadi kali ini tidak memiliki potensi untuk bencana yang lebih besar lagi seperti yang pernah terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam.

Baca juga : Sungai Bengawan Solo Meluap, Sekolahan dan Sawah Terendam Air !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here