Google Ikut Merayakan Hari Sumpah Pemuda Hari Ini 28 Oktober 2016 !

    0
    550
    Hari Sumpah Pemuda
    Copyright©google

    Google Ikut Merayakan Hari Sumpah Pemuda Hari Ini 28 Oktober 2016 !

    Indowarta.com– Pada hari ini yakni Jumat 28 Oktober 2016 Google telah membuat doodle yang bertemakan Sumpah Pemuda. Hal ini berbarengan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini.

    Doodle ini telah menggambarkan ada enam orang pria dan juga wanita dengan mengenakan seragam pakaian adat dan membawa bendera merah putih. Ada yang memakai pakaian adat Bali, Jawa hingga Sunda ditampilkan. Ada juga tulisan yang berwarma putih terpampang sebagai latar dari para pemuda tersebut.

    Perayaan dari hari Sumpah Pemuda ini berdasarkan dari Kongres Pemuda Kedua yang telah diselenggarakan selama dua hari yakni pada tanggal 27 Oktober 2016 hingga 28 Oktober 1928 di Kota Batavia yang kini  berubah nama menjadi Jakarta.

    Keputusan dari kongres yang telah diselenggarakan tersebut menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesa”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Istilah sumpah pemuda sendiri tidak dibicarakan pada saat penyelenggaraan kongres tersebut. Baru setelah acara itu disematkan nama tersebut.

    Hari Sumpah Pemuda
    Copyright©google

    Namun, apakah anda masih ingat bagaimana bunyi dari sumpah pemuda? Berikut adalah isi dari sumpah pemuda :

    Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

    Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

    Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

    Sebelum teks tersebut dibacakan, lagu Indonesia yang merupakan karya dari WR Soepratman telah dikumandangkan degnan menggunakan alat musik biola. Putusan tersebut berisikan tentang cita-cita luhur akan tanah air dan juga bangsa bernama Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

    Peringatan hari sumpah pemuda yang telah disemarakkan oleh Google juga ini diharapkan agar bisa membantu generasi muda dan juga masyarakat pada umumnya untuk lebih menumbuhkan rasa cinta[ kepada tanah air. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang berperan sangat penting dalam sebuah negara. Karena di usia muda kita semua masih dalam masa produktif.

    baca juga :

    Rodolfo Guzmán Huerta Hadir Sebagai Sosok google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here