Berita Hari Ini: Wapres Jusuf Kalla Terus Dorong Pembenahan Soal BPJS Kesehatan !

0
701
BPJS Kesehatan
Copyright©bidikbanten

Berita Hari Ini: Wapres Jusuf Kalla Terus Dorong Pembenahan Soal BPJS Kesehatan !

Indowarta.com– Terkait dengan masalah kesehatan nasional, Wakil Presiden Jusuf Kalla kini terus mendorong agar segera ada formulasi yang telah ditetapkan dan juga dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. terutama adalah masalah defisit dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang sudah beroperasi 2,5 tahun ini. Hal tersebut telah ditegaskan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Wapres sosial Nasional (DJSN) yakni Andi Zainal Abidin Dulung setelah melakukan audiensi ke kantro Wapres, Jakarta pada hari Senin 31 Oktober 2016.

Sebelum meninggalkan kantor Wapres, Jakarta Zainal mengatakan bahwa JK sangat setuju bahwa harus sesegera mungkin untuk mengatasi masalah tersebut kaerna ini sudah akhir tahun. Segera mngkin untuk mencari terobosan supaya bisa pelayanan kesehatan makin bagus tapi anggaran yang dikeluarkan pemerintah juga bisa turun, paling tidak atau tidak nambah. Atau kalau bisa turun dengan adanya iuran tadi orang sehat ini makin banyak yang masuk.

Terkait dengan dorongan dari Wapres tersebut, Zainal telah mengungkapkan bahwa DJSN ini  bersama dengan BPJS masih memerlukan formulasi sistem yang tepat agar pemerintah tidak terus merugi namun pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat ini semakin menjadi baik dan juga menjadi bagus.

BPJS Kesehatan
Copyright©bidikbanten

Bahkan telah disebutkan bahwa akan digelar Focus Group Discussion (FGD) dengan BPJS kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mengambil solusi atas permasalahan defisit dan kesehatan di Tanah Air.

Zainal mengatakan “Ada beberapa pemikiran bahwa apakah ini nanti kita mencari sharing tanggung jawab kemungkinannya (dengan daerah). Bisa juga dengan mendorong supaya semakin banyak orang yang sehat masuk, ya tentunya perlu public campaign ini, harus mengampanyekan supaya yang masuk itu justru bukan hanya orang sakit karena ini gotong royong,”.

Namun Zainal sendiri masih belum ada pilihan pasti yang akan diambil oleh pemerintah guna mengatasi masalah defisit BPJS kesehatan dan juga perbaika pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Namun dalam hal ini yang paling penting adalah untuk melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda) baik dalam upaya preventif atau pencegahan. Hal ini diharapkan agar masyarakat yang sakit menjadi semakin sedikit. Penyediaan infrastruktur kesehatan yang memadai, sehingga masyarakat yang sakit tidak langsung dirujuk ke Ibu Kota atau ke Jakarta.

baca juga :

Berita Terkini: Cek Aturan Baru Yang Diberlakukan Untuk BPJS Kesehatan Sejak 1 September Kemarin !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here