Berita Terkini: Otto Hasibuan Komentari Pelaporan 3 Hakim dalam Sidang Jessica Wongso !

0
1868
Otto Hasibuan
Copyright©tmpo

Berita Terkini: Otto Hasibuan Komentari Pelaporan 3 Hakim dalam Sidang Jessica Wongso !

Indowarta.com– Teradapat ribuan Advokat yang telah tergabung dalam Kantor Pendidikan Advokat Pegacara Indonesia (Kapindo) dan juga Kongres Advokat Indonesia (KAI) telah berencana untuk melaporkan tiga hakim yang telah menangani kasus Jessica Wongso ke Komisi Yudisial para hari ini yakni Selasa 1 November 2016.

Mereka beranggapan bahwa majelis hakim yang pada saat itu telah diketuai oleh Kisworo itu tidak adil dalam memutuskan perkara dengan terdakwa Jessica Wongso atas kasus kematian Wayan Mirna Salihin. Selain itu selama persidangan berlangsung, Hakim juga telah dianggap melecehakan profesi sebagai advokat.

Ketua tim kuasa hukum Jessica Wongso yakni Otto Hasibuan mengaku bahwa dirinya tidak tahu menahu terkait dengan rencana pelaporan tersebut. bahkan dirinya mengaku belum mengenal Bahriansyah yang merupakan advokat yang dituakan di dalam kelompok yang bakal melaporkan Kisworo dan yang lainnya itu.

Otto Hasibuan
Copyright©klimg

Otto Hasibuan pada hari Senin 31 Oktober 2016 mengatakan “Belum tahu saya. Oh ada itu ya? Saya nggak tahu ya, belum kenal juga. Sungguh-sungguh belum tahu saya,”. Walaupun begitu, Otto sendiri tidak mempermasalahkan  pelaporan yang telah dilakukan oleh para advokat tersebut terhadap tiga hakim yang menangani perkara Jessica Wongso. Terlebih lagi mereka sebagai advokat merasa tersinggung degnan sikap majelis hakim.

Otto mengatakan “Ya, itu hak mereka dong. Mungkin mereka merasa advokat, itu hak mereka. Sah-sah saja itu menurut saya,”. Otto yang merupakan mantan Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) ini masih belum memikirkan rencana pelaporan terkait dengan sikap majelis hakim untuk menangani perkara Jessica ini. Walaupun begitu pihak Jessica sendiri juga tidak menutup kemungkinan melaporkan sikap Kisworo dan yang lainnya.

Menurut Otto, majelis hakim telah melecehkan profesi advokat melalui pernyataannya yang melarang tim penasihat hukum menilai Jessica tidak bersalah. Dengan begitu, maka hakim sebagai penegak hukum dinilai telah mengabaikan asas praduga tak bersalah.

Otto mengatakan “Hakim kan menyatakan bahwa, seharusnya advokat itu yang merupakan penegak hukum tidak lagi mempersoalkan bahwa terdakwa ini sebagai bukan pelaku. Kalau begitu, hakim sudah menyatakan bahwa orang ini sudah bersalah dong,”.

baca juga :

Berita Terkini: Vonis Sudah Diumumkan Selama 20 Tahun, Jessica Wongso Ajukan Banding !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here