Inilah Detail Sirkuit Jakabaring Untuk Sambut MotoGp !

0
1392
MotoGp
Copyright©kompas

Inilah Detail Sirkuit Jakabaring Untuk Sambut MotoGp !

Indowarta.com– Gubernur Sumatera Selatan yakni Alex Noerdin merasa sangat percaya diri bahwa dirinay bisa membangun Sirkuit di Jakabaring, Palembang. Pada saat ditemui di Sepang, Malaysia, Alex bersama dengan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia yakni Sadikin aksa tengah menganalisis sirkui yang merupakan kebanggaan dari Negera Tetangga ini.

Pada hari Minggu 31 Oktober 2016 Alex mengatakan “Kami bawa full team, dan akan mempelajari apa yang ada di Sepang. Jika bagus, kami akan aplikasikan, sementara jika itu kekurangan maka akan kami perbaiki,”.

Sadikin Aksa sendiri telah menjelaskan bahwa karakter dari sirkuit akan dibangun adalah high speed. Hal ini berarti rata-rata kendaraan akan melaju di angka 171 jn per j am. Sadikin mengatakan bahwa setelah desain jadi, akan dimasukkan ke dalam hitung-hitungan algoritma oleh Tilke yang merupakan pembuat desain sirkuit Jakabaring. Kecepatan kendaraan rata-rata akan mencapai 171 kmj. Bahkan mungkin bisa lebih dari itu. Sementara itu untuk top speednya  berada di angka 305 kmj.

MotoGP

Sadikin melanjutan bahwa sirkuit ini akan menjadi salah satu dari tiga sirkuit yang mempunyai karakter high speed di dunia. Sirkuit Palembang ini akan memiliki 14 tikungan dengan panjang 4.314 meter, trek lurus terpanjang 750 meter serta trek star/finish sepanjang 540 meter.

Sadikin menjelaskan bahwa hal itu bisa menjadi lebih cepat lagi kalau dihitung realisasi pada nantinya. Hal ini karena motor semakin hari akan semakin berkembang saja. ini lebih kencang dari Sepang dan juga akan menjadi top speed yang tercepat di dunia dimana saat ini adalah sirkuit Argentina yang tercepat.

Dorna sport sendiri yang merupakan penyelenggara MotoGp masih memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menggelar perhelatan MotoGP. Jika memang pada tahun 2017 masih belum bisa dimulai, maka masih ada tahun 2018 mendatang.

Sementara itu Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto sendiri telah mejelaskan pada saat menggelar pertemuan dengan Javier Alonso yang merupakan managing director atau Events Area Dorna Sport dnegna Menteri Pemuda dan Olahraaga yakni Imam Nahrawi masih belum membahas mengenai sirkuit. Perbincangan hanya langsung ke pokok masalah yakni masih bisa tetap atau akan diundur.

Sebelumnya, dikabarkan selain Sentul, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Palembang dan salah satu tempat di Jawa Barat akan menjadi tempat digelarnya MotoGP Indonesia. Tetapi, sampai sekarang belum ada kejelasannya.

baca juga :

Berita Terkini: Gubernur Sumsel Berikan Bocoran Megenai Rencana MotoGp Palembang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here