Berita Terkini: Mengintip Rekayasa Lalu Lintas Saat Demo 4 November Besok Lusa !

0
4108
Demo Ahok
Copyright©satumedia

Berita Terkini: Mengintip Rekayasa Lalu Lintas Saat Demo 4 November Besok Lusa !

Indowarta.com– Beberapa elemen masyarakat akan menggelar demo besar-besaran yang akan dilaksanakan di Jakarta pada hari Jumat 4 November 2016. Demo tersebut akan digelar dengan tujuan untuk mendorong pengusuran tentang kasus penistaan agama yang diduga telah dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Diperkirakan akan ada 100 ribu massa yang akan mengikuti aksi demo 4 November ini.

Untuk mengamankan demo ini, polisi pun akan menyiagakan ribuan personel. Pada rencananya  demo ini akan dilakukan pada beberapa titik yang berada di sekitar Istana Merdeka dan juga Balai Kota DKI Jakarta.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas terkait dengan demo yang akan dilakukan pada tanggal 4 November nanti. Langkah ini diambil untuk menciptakan keamanan, keselataman, ketertiban dan juga kelancaran dari lalu lintas.

Budiyanto di Jakarta pada hari Selasa 1 November 2016 mengatakan bahwa agar situasi pada saat itu akan tetap kondusif dan juga aktivitas masyarakat berjalan dengan normal pada saat itu, maka hal tersebut perlu dilakukan.

Dirinya telah menegaskan bahwa pengalihan arus lalu lintas ini yang akan diberlakukan di sekitar lokasi demo ini bersifat fleksibel. Tidak ada penutupan jalan secara paten. Pada kondisi yang sangat situasional, rekayasa pengalihan arus lalu lintas ini akan diterapkan melihat perkembangan dinamika yang terjadi di lapangan.

Demo 4 November
Copyright©suara

Berikut adalah rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan pada saat terjadi aksi Demo 4 November 2016 :

  1. Massa berkumpul di Bareskrim Polri (Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jalan Medan Merdeka Timur).
  2. Arus dari Gajah Mada yang mengarah ke Jalan Merdeka Timur, dialihkan ke Jalan Gajah Mada – Jalan Juanda – Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.
  3. Arus yang datang dari Tugu Tani atau Kebon Sirih mengarah ke Jalan Merdeka Timur, dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan MH Thamrin – dan seterusnya.

Arus dari Senin dialihkan ke Jalan Cikini Raya – Jalan Diponegoro – Jalan Salemba Raya dan seterusnya.

  1. Arus dari Jalan Medan Merdeka Barat atau Budi Kemuliaan mengarah Jalan Medan Merdeka Timur dialihkan ke Jalan MH Thamrin dan seterusnya.
  2. Massa berkumpul di Balai Kota DKI.
  3. Arus dari Tugu Tani yang akan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Ridwan Rais – Jalan Medan Merdeka Timur – Jalan Medan Merdeka Utara atau ke Jalan Perwira – Lapangan Banteng – Pasar Baru atau Jalan Veteran Raya – Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.

Arus lalin dari Senin dialihkan ke Jalan Cikini Raya – Jalan Diponegoro – Jalan Salemba Raya dan seterusnya.

  1. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat atau Budi Kemuliaan yang akan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan belok kanan ke Jalan MH Thamrin – Jalan Sudirman dan seterusnya.

Atau ke Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan Majapahit – Harmoni dan seterusnya.

  1. Massa berkumpul di depan Istana.
  2. Arus dari Jalan Gajah Mada mengarah Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Juanda – Jalan Pasar Baru – Jalan Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng – Jalan Pejambon – Jalan Medan Merdeka Timur – Jalan Ridwan Rais – Tugu Tani dan seterusnya.
  3. Arus dari Budi Kemuliaan yang mengarah ke Patung Kuda dialihkan ke Jalan Majapahit-Harmoni dan seterusnya.
  4. Arus dari Tugu Tani atau Jalan Medan Merdeka Selatan mengarah Patung Kuda dialihkan belok ke kiri ke Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman dan seterusnya.

Atau Tugu Tani-Jalan Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Veteran Raya atau ke Jalan Pasar Baru-Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.

  1. Apabila terjadi kepadatan di Jalan Medan Merdeka Barat, Simpang Patung Kuda, Simpang Kebon Sirih, dan Simpang Sarinah.
  2. Arus dari arah Semanggi ke Bundaran HI akan dialihkan ke Jalan Sutan Syahrir-Jalan Agus Salim dan seterusnya. Atau Bundaran HI-Jalan Imam Bonjol-Jalan Diponegoro dan seterusnya.
  3. Apabila terjadi kepadatan di sepanjang jalan protokol Sudirman-MH Thamrin, Semanggi akan digunakan sebagai titik alih arus.
  4. Arus dari Kuningan diluruskan ke Slipi baik arteri maupun jalan tol.
  5. Arus lalin dari Slipi diluruskan ke Kuningan dan seterusnya baik arteri maupun jalan tol.

baca juga :

Berita Terkini: Jokowi Undang MUI, PBNU dan Muhammadiyah, Akan Bahas Demo Ahok 4 November Besok?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here