Berita Terkini: BUMN Genjot Infrastruktur dan Perikanan Sebagai Fokus Utama !

0
1175
BUMN
Copyright©poskotanews

Berita Terkini: BUMN Genjot Infrastruktur dan Perikanan Sebagai Fokus Utama !

Indowarta.com– Badan Usaha Milik Negara atau yang disebut dengan BUMN ini telah memiliki beberapa fokus dalam mewujudkan program Nawa Cita yang telah dirancang oleh Presiden Joko Widodo. Tidak hanya sektor infrastruktur saja, salah satu yang menjadi fokus adalah di bidang perikanan bagi perusahaan yang ber plat merah ini.

Rini Soemarno yang merupakan menteri BUMN ini telah mengatakan bahwa salah satu yang menjadi fokus dari program Nawa Cita ini adalah membangun dari pinggiran. Hal ini adalah salah satu tugas yang diamanatkan kepada BUMN.

Rini Soemarno di Jakarta pada hari Kamis 3 November 2016 mengatakan “Bagaimana BUMN dengan belanja modal pada 2016 yang mencapai Rp 410 triliun dan akan ditingkatkan menjadi Rp 555 triliun pada 2017 bisa mewujudkan semua target pembangunan infrastruktur”.

Rini menjelaskan bahwa kini pemerintah telah mencanangkan program pembangunan 52 proyek jalan tol, 17 proyek bandara, 13 proyek pelabuhan dan juga 19 proyek jalan kereta api. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga telah menargetkan pembangunan beberapa waduk, dam, dan juga bendungan untuk mendorong produksi pangan dan juga menjaga ketahanan pangan.

BUMN
Copyright©sindonews

Selain itu tidak hanya di bidan infrastruktur saja, Rini mengatakan bahwa pemgbangunan sekrot perikanan dan juga kelautan telah menjadi salah satu fokus dari BUMN. Hal ini karena sebesar kurang lebih 60 persen rakyat Indonesia kini berada di pesisir. Sektor kelautan ini menjadi andalan karena luas wilayah mencapai 5,8 juta kilometer persegi berupa laut atau dua pertiga dari seluruh wilayah Indonesia.

Rini mengatakan bahwa potensi penerimaan dari kelautan ini juga cukup besar karena penerimaan baru mencapai sekitar USD 3,85 miliar pada tahun 2012 yang lalu. Namun penerimaan ekspor kelautan dari Indonesia pada saat ini telah kalah apabila dibandingkan dengan Thailan yang telah berhasil mencapai USD 8,07 miliar setiap tahunnya. Dari sektor perikanan dan kelautan, Indonesia berpotensi untuk meraup sebesar Rp 91 triliun.

baca juga :

Berita Terkini : selain Siapkan Bus Gratis Untuk Mudik, Kementerian BUMN Juga Siapkan Bus Gratis Untuk Arus Balik ke Ibukota !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here