Berita Terkini: Bermuatan SARA, 11 Situs Ini Kena Blokir Kemkominfo !

0
1512
Situs Bermuatan SARA Yang Diblokir Kemkominfo
Copyright©bangka.tribunnews

Kemkominfo Memblikir 11 Situs Yang Dinilai Bermuatan SARA

Indowarta.com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang membawa kita pada kemudahan dalam mencari informasi di internet melalui situs-situs web yang ada. Namun nyatanya cukup banyak situs web bermuatan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) sehingga kita harus lebih bijak dalam mencari informasi di dunia maya. Belakangan ini Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) memblokir 11 situs bermuatan SARA, apa saja ?

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika telah resmi melayangkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada penyedia jasa internet atau yang dikenal dengan nama Internet Service Provider (ISP). Kemkominfo meminta ISP untuk memblokir 11 situs yang dinilai memiliki konten dan unsur SARA.

“Dengan ini mohon kiranya dapat menambahkan 11 situs yang mengandung konten SARA ke dalam sistem filtering setiap ISP,” tulis Kemkominfo yang ditujukan pada beberapa ISP di Indonesia seperti yang dilansir dari salah satu media online terpercaya pada Kamis (3/11/2016). Berikut ini 11 situs bermuatan SARA yang kena blokir Kemkominfo.

Situs Bermuatan SARA Yang Diblokir Kemkominfo
Copyright©bangka.tribunnews

Situs Bermuatan SARA Yang Diblokir Kemkominfo

  1. lemahirengmedia.com
  2. portalpiyungan.com
  3. suara-islam.com
  4. smstauhiid.com
  5. beritaislam24h.com
  6. bersatupos.com
  7. pos-metro.com
  8. jurnalmuslim.com
  9. media-nkri.net
  10. lontarnews.com
  11. nusanews.com

Sementara itu pihak Plt Humas Kemkominfo yakni Noor Iza memang membenarkan pihaknya meminta ISP untuk memblokir situs-situs bermuatan SARA tersebut. Ia juga menambahkan bahwa pemblokiran situs tersebut atas permintaan dari lembaga atau instansi pengawas yang terkait dan juga ada pula dari masyarakat.

Bukan hanya itu saja Noor Iza juga menuturkan bahwa penutupan situs tersebut prinsipnya tidak sementara dan dapat permanen. Namun pengelola konten sepantasnya melakukan check dan recheck atas konten yang dimuat di situs mereka. Selain itu ia juga menuturkan pengelola konten juga dipersilakan untuk melakukan komunikasi ke Kemkominfo jika ada hal hal yang perlu dipertanyakan.

Di sisi lain Noor Iza juga menambahkan baha pengelola konten juga dapat meminta pemlihan atai dibuka kembali situs yang diblokir Kemkominfo. Dan selanjutnya Kemkominfo akan berkomunikasi dengan lembaga ataupun instansi yang terkait hal itu.

Nampaknya hal itu memang benar adanya, pasalnya saat kesebelas situs yang dinilai bermuatan SARA tersebut dibuka memang tidak bisa. Hal itu tentunya mengindikasikan pihak Kemkominfo benar-benar memblokir 11 situs tersebut sehingga tidak dapat lagi diakses oleh pengguna internet.

Baca Juga Bikin Heboh, Pria Ini Pamer Foto Saldo ATM Milyaran Rupiah Di FB, Sekaligus Minta Cewek kejar Dirinya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here