Berita Terkini: Ada Oknum Politik Dibalik Kerusuhan Demo 4 November?

0
2190
Kerusuhan Demo 4 November
Copyright©pojoksatu

Berita Terkini: Ada Oknum Politik Dibalik Kerusuhan Demo 4 November?

Indowarta.com– Presiden Joko Widodo sangat menyesalkan atas terjadinya kerusuhan di dalam aksi demonstrasi 4 November 2016 yang terjadi pada malam kemarin. Presiden Joko Widodo menduga bahwa dibalik Kerusuhan Demo 4 November ini ada aktor-aktor politik yang menyebabkan dua kendaraan aparat dibakar oleh massa.

Presiden pada saat di Istana Merdeka hari Sabtu 5 November 2016 mengatakan bahwa pihaknya telah menyesali tentang kejadian pada ba’da Isya yang seharusnya sudah bubar namun malam menjadi rusuh. Dan diduga bahwa hal ini telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik yang berusaha untuk memanfaatkan situasi ini.

Selain itu Joko Widodo juga telah menyampaikan bahwa proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Nonaktif yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tetap akan terus berjalan. Joko Widodo mengatakan “Proses hukum terhadap Saudara Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat, dan transparan”.

Kerusuhan Demo 4 November
Copyright©pojoksatu

Joko Widodo juga telah meminta kepada para peserta demo yang masih berada di jalanan untuk segera pulang ke daerah mereka masing-masing. Berikut adalah isi dari pidato Joko Widodo terkait dengan kerusuhan Demo 4 November ini :

Bismilah

Sebagai negara demokrasi kita menghargai proses penyampaian aspirasi melalui unjuk rasa yang dilakukan pada hari ini dengan cara yang tertib dan damai. Terima kasih kami sampaikan kepada para ulama, kyai, habaib, ustad yang telah memimpin umatnya yang menyejukkan sehingga sampai Magrib tadi berjalan dengan tertib dan damai.

Tapi kita menyesalkan kejadian pada ba’da Isya yang seharusnya sudah bubar, tetapi menjadi rusuh. Dan ini kita lihat telah ditungganggi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

Sebelumnya, saya  telah memerintahkan Wakil Presiden untuk menerima perwakilan unjuk rasa,  yang didamping Menko Polhukam, Mensesneg, Menteri Agama, Seskab, Kapolri, dan Panglima.

Dalam pertemuan itu telah disampaikan bahwa proses hukum terhadap Saudara Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat, dan transparan.

Oleh sebab itu, saya minta para pengunjuk rasa untuk kembali pulang ke rumah masing-masing, ke daerah masing-masing dengan tertib. Biarkan aparat keamanan bekerja menyelesaikan  proses penegakan hukum seadil-adilnya.

Terakhir, saya mengapresiasi kerja keras aparat keamanan yang melakukan pendekatan persuasif dalam menjaga situasi tetap kondusif. Saya harap masyarakat tetap tenang dan menjaga lingkungan masing-masing sehingga situasi tetap aman dan damai.

Terima kasih.

baca juga :

Berita Terkini: Lantunan Asmaul Husna Menggema Di Depan Peserta Demo 4 November !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here