Buni Yani Akan Berpotensi Jadi Tersangka Lantaran Sulut Perpecahan?

0
1298
Buni Yani
Copyright©facebook

Buni Yani Akan Berpotensi Jadi Tersangka Lantaran Sulut Perpecahan?

Indowarta.com– Masyarakat Indonesia kini telah ramai membicarakan nama Buni Yani, seorang pria yang tinggal di Depok dan berprofesi sebagai dosen di London School ini dinilai telah menyulut kemarahan publik karena sebauh postingan yang telah dia buat. Sebelumnya Buni Yani telah mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Ahok sedang berbicara dan mengutip Surat Al Maidah ayat 51.

Banyak netizen yang telah membagikan postingan dari Buni Yani ini. Sehingga pada akhrinya aksi demo besar-besaran telah terjadi pada tanggal 4 November 2016 di Istana Kepresidenan. Ribuan masyarakat telah meminta kepada pihak polisi untuk segera melakukan proses hukum terhadap Ahok yang diduga telah melakukan penistaan agama.

Namun belakangan ini tidak hanya Ahok saja yang dimintai pertanggungjawaban. Si pengunggah video ini pun juga telah dimintai untuk bertanggungjawab atas postingannya yang salah menstranskrip. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar menyebutkan bahwa Buni Yani juga berpotensi sebagai tersangka dalam dugaan penistaan agama ini.

Boy mengatakan “Buni Yani dilaporkan sebagai terlapor. Itu berpotensi dia menjadi tersangka juga dengan mengunggah video dan penyebarluasan lewat Facebook dia. Itu bisa menjadi sesuatu yang viral, dan kemudian menyulut kemarahan publik”.

Buni Yani

Akhirnya pada tanggal 7 November 2016 Buni Yani telah dilaporkan oleh Komunitas Advokat Muda Ahok Djarot atau yang disebut dengan Kotak Adja ke Polda Metro Jaya dengan sangkaan  telah melanggar pasal 28 ayat 2 Jo. Pasal 45 Ayat 2 UU 11/2008 tentang ITE. Boy mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan Buni Yani ini dimana kasusnya telah ditangani oleh Polda Metro Jaya nanti bisa didalami lebih dalam lagi. Yang jelas adalah hingga saat ini prosesnya masih terus berjalan.

Sementara itu Buni Yani sendiri juga telah mengakui bahwa dirinya telah salah transkrip ucapan Ahok soal surat Al Maidah ayat 51 tersebut. dirinya mengaku bahwa ada satu kata yang tidak ia transkrip yakni kata “pakai”. Buni Yani telah menulis “Dibohongi Surat Al Maidah” padahal yang diucapkan adalah “Dibohongi pakai Surat Al Maidah”.

baca juga :

Berita Terkini: Ada Oknum Politik Dibalik Kerusuhan Demo 4 November?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here