Berita Terkini: Lokasi Tertimbunnya 11 Penambang Emas Liar Akan Dibangunkan Prasasti !

0
836
Penambang Emas Liar
Copyright©beritasatu

Berita Terkini: Lokasi Tertimbunnya 11 Penambang Emas Liar Akan Dibangunkan Prasasti !

Indowarta.com– Proses evakuasi 11 penambang emas tradisional yang tidak memiliki izin di Kabupaten merangin, Provinsi Jambi, kini telah resmi dihentikan pada hari Senin 7 November 2016. Keputusan ini diambil setelah terjadi pertemuan antara Bupati Merangin, Basarnas, BPBD Merangin, Ketua DPRD Merangin dan perwakilan keluarga korban serta warga di aula kantor Kecamatan Renah Pembarap.

Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Dalmanto pada hari Selasa 8 November 2016 mengatakan bahwa pada pertemuan yang sudah digelar tersebut telah dijelaskan kepada para keluarga korban mengenai proses evakuasi dan juga beberapa kendalanya. Selain itu juga akan dibangun tugu ataupun prasasti.

Dalmanto menjelaskan bahwa tugu tersebut telah bermaksud sebagai tanda dan juga peringatan tentang tragedi tambang di Merangin. Dalmanto berharap agar prasasti tersebut bsia membuat para warga sadar jika aktivitas penambangan tanpa adanya izin itu sangatlah berbahaya. Diharapkan juga agar kejadian yang sama seperti ini tidak terulang kembali.

Penambang Emas Liar
Copyright©beritasatu

Dalmanto juga merasa sangat berbelasungkawa sebesar-besarnya atas kejadian yang ini kepada keluarga korban. Dia mendoakan agar keluarga bisa iklhas, sabar dan juga tawakal.

Lebih lanjut lagi Dalmanto juga mengatakan bahwa proses evakuasi yang sudah berlangsung selama 13 hari ini memang tidak memungkinkan lagi untuk dilanjutkan. Hal ini mengingat bahwa lokasi tertimbunnya 11 Penambang Emas Liar ini masih terus saja digenangi air walaupun sudah disedot dengan mesin pompoa maupun alat berat.

Dalmanto mengatakan “Sekali lagi, kami berharap kejadian ini jadi pengalaman, jangan terulang lagi dan ini yang terakhir,”.

Kejadian di Merangin ini bukan merupakan yang pertama kali terjadi. Total sudah ada 19 orang yang telah menjadi korban penambangan liar di wilayah itu. Diyakini bahwa jumlah tersebut jauh lebih banyak lagi, namun para pemilik tambang ini diduga telah menutupi hal teresbut sehingga tidak tereskpos.

Sementara itu Gubernur Jambi yakni Zumi Zola ini menuding bahwa ada pemodal dari luar jambi yang membuat keberadaan dari tambang liar ini semakin lebih marak lagi. Ditambah lagi adalah adanya mitos yang beredar di sekitaran warga yang menyebutkan jika emas yang ditemukan lebih banyak jika ada tumbal manusia.

baca juga :

Dewi Persik Dibuat Marah-marah Saat Foto Hot nya Bareng Pria Ini Menyebar Luas !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here