Menelisik Kembali Makna Dan Sejarah Hari Pahlawan 10 November di Indonesia !

0
1349
Hari Pahlawan
Copyright©indoberita

Menelisik Kembali Makna Dan Sejarah Hari Pahlawan 10 November di Indonesia !

Indowarta.com– 10 November merupakan tanggal yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia sebagai hari Pahlawan. Pada tanggal 10 November ini dulu telah terjadi sebuah pertempuran di Surabaya yang melibatkan milisi nasionalis Indonesia dengan sekutu.

Kejadian ini merupakan sebuah konflik bersenjata berskala besar pertama kali antara Indonesia dan angkatan perang orang asing setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Yang membuat kejadian ini terjadi adalah Mr. Ploegman yang merupakan pimpinan masyarakat Belanda ini telah secara sengaja mengibarkan bendera Belanda di pucuk gedung hotel Yamato.

Tak hayal apabila hal tersebut membuat masyarakat Indonesia marah. Bahkan pemuda Indonesia ada yang menaiki Hotel Yamato dan merobek bendera Belanda tersebut. Peristiwa yang berlangsung pada 27 Oktober itulah yang telah melatarbelakangi sejarah peperangan 10 November.

Gencatan senjata pun telah terjadi antara Pihak Indonesia dengan pihak Belanda. Ketegangan berhasil diredam dan kedua belah pihak telah setuju untuk meneken perjanjian tanggal 29 Oktober. Walaupun perjanjian perdamaian ini telah disepakati, namun tetap saja terjadi bentrok antara pasukan Inggris dengan Indonesia. Puncaknya adalah Jenderal Mallaby yang merupakan tentara Inggris yang memimpin untuk Jawa Timur telah dikabarkan meninggal dunia pada 30 Oktober 1945.

Hari Pahlawan
Copyright©radarindo

Pihak Inggris pun langsung marah atas meninggalnya  Jenderal Mallaby. Pihak Inggris memutuskan untuk mengganti Mallaby dengan Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh untuk memimpin ultimatum 10 November 1945 pada Indonesia untuk menyerahkan seluruh senjata dalam menghentikan perlawanan terhadap AFNEI dan Administrasi NICA.

Pada tanggal 10 November 1945 Inggris mulai melakukan aksinya. Pertempuran pun juga diiringi dengan pertahanan dari ribuan warga penduduk kota. Pertempuran 10 November itu baru redam setelah kurang lebih 6 ribu masyarakat Indonesia telah gugur dalam pertempuran itu. Hanya dalam waktu tiga hari Inggris mampu menguasai kota.

Perang tersebut semakin membuat rakyat Indonesia untuk melawan Indonesia ini menjadi sangat kuat sehingga kemerdekaan telah berhasil kembali direbut. Oleh sebab itu banyak para pahlawan dan juga masyarakat sipil yang telah meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

baca juga :

Meradang, Laga Ujicoba Jelang Piala AFF Vietnam VS Indonesia Tak Disiarkan Di TV Indonesia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here