Selamat Untuk Donald Trump Terpilih Sebagai Presiden Baru AS Usai Kalahkan Hillary Clinton !

0
1445
Donald Trump
Copyright©snopes

Selamat Untuk Donald Trump Terpilih Sebagai Presiden Baru AS Usai Kalahkan Hillary Clinton !

Indowarta.com– Dunia ini dibuat terkejut dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Sebelumnya tidak ada pengamat politik ataupun lembaga survei yang telah memprediksi tentang kemenangan dari miliarder yang kontroversional itu.

Calon presiden dari Partai Republik ini telah mengalahkan lawannya yang merupakan kandidat dari parta Demokrat, mantan Menteri Luar Negeri yakni Hillary Clinton. Kemenangan Donald Trump telah dipastikan pada hari Rabu 9 November 2016 sekitar pukul 02.30 dini hari waktu bagian Timur AS.

Beberapa lembaga survei telah memproyeksikan bahwa kemenangan Donald Trump di negara bagian Wisconsin ini telah memberikan sebanyak 270 electoral votes yang diperlukan oleh Donald Trump untuk menempati Gedung Putih.

Tanda-tandan kemenangan dari Donald Trump ini telah muncul setelah dirinya dengan tidak terduga telah menghancurkan benten pertahanan “Blue Firewall” Hillary. Trump berhasil membuat kejutan bagi para pendukung Hillary dengan meraih kemenangan yang menyakinkan di Wisconsin dan juga Pennsylvania yang selalu memilih capres Demokrat semenjak Pilpres tahun 1988.

Donald Trump
Copyright©slate

Revolusi dari Rust Belt untuk kemenangan Trump ini menjadi simbol terjadinya Revolusi Pekerja Berkerah Biru atau yang disebut dengan Blue Collar. Yang lebih ironis adalah Blue Collar ini berbasis di “Blue Firewall” milik Hillary yakni Pennsylvania, Wisconsin, dan Michigan.

Negara bagian yang sering disebut dengan sebutan “Rust Belt States” ini telah di dominasi oleh pemilih berkulit putih berkerah biru yang kebanyakan adaah tidan berpendidikan ke jenjang universitas. Para pemilih ini merupakan pekerja yang terpikat oleh retorik populis Trump yang telah mengecam tentang globalisasi dan juga perdagangan bebas.

Diyakini bahwa faktor tersebut yang mengakibatkan mereka kehilangan pekerjaan terutama yang berada di sektor manufkatur yang dialihdayakan ke luar AS. Kondisi demografi pemilih ini kebanyakan tinggal di kota kecil dan juga daerah pertanian.

Selain itu kemenangan yang telah diraih oleh Trump ini juga merupakan simbol kemarahan dari rakyat AS terhadap elite politik di Washington DC yang dinilai tidak peka terhadap kesulitan ekonomi yang mereka hadapi.

baca juga :

Berita Hari Ini: Berbagai Slebritis Ini Mengancam Akan Hengkang Dari AS Jika Donald Trump Jadi Presiden !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here