Terobosan Belajar Bahasa Kapan Saja dan Dimana Saja

    0
    972
    guru les private

    Belajar bahasa asing memang sangat penting untuk semua orang apapun pekerjaan dan pendidikan dari orang tersebut. Jika Anda tidak punya waktu untuk mengikuti kursus yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, maka belajar secara online mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda. Cara ini adalah terobosan belajar bahasa yang sangat diperlukan di dunia modern. Anda tidak perlu pergi dari rumah karena belajar ini dapat dilakukan sesuai dengan keinginan Anda. Anda hanya perlu mengakses situs pembelajaran di tablet atau laptop. Ini adalah cara yang memang praktis karena Anda bisa langsung berinteraksi dengan para guru. Anda bisa melakukan latihan sendiri dengan berbagai macam materi yang sudah disiapkan. Sebenarnya materi yang disampaikan sama dengan tempat kursus biasa, namun kursus seperti ini memang lebih fleksibel karena Anda bisa menentukan sendiri dimana, kapan, dan siapa tutor yang Anda pilih untuk belajar.

    Terobosan Belajar Bahasa: Tips Belajar Bahasa di Rumah

    Anda tetap bisa belajar beberapa bahasa yang Anda inginkan tanpa harus bergabung dengan tempat kursus bahasa yang memerlukan uang dan waktu yang banyak dan hasilnya ternyata tidak memuaskan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba bagi Anda yang ingin menguasai suatu bahasa tertentu tanpa harus ikut kursus:

    Anda harus punya tekad dan niat yang kuat untuk bisa menguasai bahasa tersebut karena saat Anda sudah mempunyai kemauan yang keras, maka Anda bisa melakukan proses selanjutnya dengan mudah.

    Belajar terlebih dahulu tentang cara pengucapan huruf dalam bahasa tersebut, kata-kata, angka-angka, dan kalimat sederhana yang ada dalam bahasa tersebut seperti kata apa kabar, dia, aku, mereka, kamu, mengapa, siapa, dimana, dan ucapan lain yang sederhana. Anda bisa memanfaatkan search engine yang ada di internet untuk membaca kata-kata tersebut atau membeli buku khusus untuk belajar bahasa tersebut. Tujuan dari mempelajari kalimat dan kata tersebut adalah memunculkan semangat dan minat Anda untuk belajar bagian lain yang lebih sulit.

    Bagian yang paling penting dari bahasa adalah vocabulary atau kosakata. Anda harus menentukan target untuk bisa menghafal kosakata baru setiap hari. Anda bisa melihat kosakata di internet atau di kamus bahasa tersebut. Sebaiknya Anda menghafal cara penulisan kata tersebut dan cara pengucapan yang tepat. Anda bisa mendengarkan langsung dari internet untuk mengetahui pengucapan yang tepat. Anda bisa menggunakan Google Translate untuk mencari tahu cara pengucapan dari sebuah kata dengan menekan tombol speaker yang ada pada situs tersebut. Namun pengucapan yang dilakukan oleh Google translate biasanya tidak 100% tepat karena Google hanya membantu saja. Anda bisa mencari situs lain yang lebih tepat dalam melakukan pengucapan kata-kata tersebut.

    Setelah Anda mampu menguasai banyak kosakata, hal selanjutnya adalah Anda harus mempelajari tata bahasa yang ada dalam bahasa tersebut karena semua bahasa pasti mempunyai aturan penulisan yang tepat. Anda bisa berlatih menuliskan kalimat dengan menggunakan bahasa tersebut. Mungkin sebagian tata bahasa bisa membuat Anda bingung, namun Anda tetap harus mempelajarinya dan jangan berhenti sampai Anda benar-benar memahami cara penulisan kalimat yang benar dalam bahasa tersebut.  Anda dapat menyusun kalimat sederhana untuk mengetahui apakah tata bahasa Anda sudah benar.

    Gunakan waktu santai untuk membaca artikel yang banyak ditulis dalam bahasa tersebut. Anda dapat membaca artikel dari majalah, buku, koran, internet, dan lain sebagainya. Dari beberapa kosakata baru dan tata bahasa yang sudah Anda pelajari, diharapkan Anda mampu memahami tulisan dalam bahasa tersebut. Tidak masalah apabila Anda hanya mengerti sepertiga saja dari artikel yang ditulis karena Anda memang masih belajar. Membaca tulisan tersebut akan semakin menambah kosakata baru yang tidak dipahami dan Anda juga akan mendapatkan gambaran tentang tata bahasa yang benar dan cara untuk menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat yang tepat.

    Pendengaran juga harus dilatih agar Anda bisa mengerti maksud dari sebuah percakapan. Anda bisa mendengarkan lagu dalam bahasa tersebut. Bandingkan lagu yang Anda dengarkan dengan lirik lagu tersebut yang bisa dicari dengan mudah di internet. Anda juga dapat melihat film dalam bahasa tersebut tanpa melihat subtitle dalam bahasa indonesia.

    Terakhir adalah melatih kemampuan Anda untuk berbicara dalam bahasa tersebut. Belajar bahasa yang tidak pernah diterapkan secara langsung akan menjadi sia-sia dan lebih sulit lagi untuk menguasai bahasa tersebut. Anda harus berlatih untuk berkomunikasi dalam bahasa terebut. Anda bisa mengajak teman atau menemui orang asing untuk melatih mental Anda dan rasa percaya diri Anda saat berkomunikasi. Anda juga dapat berbicara menggunakan Skype dengan orang asing sehingga Anda tidak perlu mencari jauh untuk menemukan orang asing tersebut.

    Anda tidak boleh menyerah karena belajar suatu bahasa memang memerlukan waktu. Tidak ada orang yang langsung bisa menguasai bahasa asing. Mereka memerlukan proses selama bertahun-tahun untuk berkomunikasi dengan lancar dan baik. Anda bisa mulai dari sekarang untuk lebih cepat menguasai bahasa yang Anda inginkan. Anda juga tidak boleh malu dan harus berani karena bahasa asing memang bukan bahasa asli kita sehingga native speaker pasti akan memahami hal tersebut dan tidak akan mengejek Anda saat Anda melakukan kesalahan mengucapkan kalimat atau kata. Banyak orang yang tidak mampu berbahasa asing namun mereka tetap pergi ke luar negeri untuk berkomunikasi dengan penduduk asli di sana. Mereka tidak pernah putus asa dan ketika pulang ke Indonesia, mereka sudah mahir berbicara dalam bahasa tersebut.

    Terobosan Belajar Bahasa yang Lebih Efektif 

    guru les private

    Dalam tips di atas sudah disebutkan bahwa Anda tidak perlu kursus yang mahal untuk bisa berbicara bahasa tertentu dan Anda bisa melatih bicara dan pendengaran Anda melalui Skype. Salah satu situs yang mampu menyediakan semua hal tersebut adalah https://preply.com/id karena situs ini memang memanfaatkan Skype agar Anda bisa bertemu dengan tutor yang Anda pilih secara langsung di komputer Anda dan tanpa pergi ke mana pun. Anda dapat bertatap muka sehingga Anda seperti bertemu langsung dengan tutor tersebut. Disini juga Anda bisa mencari guru les privat berbagai bahasa lainnya selain bahasa Inggris, seperti bahasa Perancis, Jerman dll.

    Setelah Anda belajar di situs tersebut, maka Anda akan lebih percaya diri untuk berbicara langsung karena Anda sudah terbiasa untuk bertemu langsung dengan native speaker yang menjadi tutor Anda. Anda juga dapat mengucapkan dan memberikan ekspresi yang tepat untuk setiap kalimat bahasa yang Anda ucapkan. Anda juga bisa mempelajari pelafalan dengan baik dan tepat. Pengucapan bahasa tersebut juga akan dapat Anda lakukan dengan benar. Gesture tubuh dan gerakan lidah mampu Anda pahami saat Anda berbicara dengan tutor tersebut. Akhirnya Anda pun akan bisa melakukan pembicaraan dalam bahasa tersebut sama seperti native speaker dari bahasa tersebut. Itulah terobosan belajar bahasa yang memang lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak biaya karena hanya memerlukan komputer atau laptop dan jaringan internet yang stabil. 


    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here