Ketua Tim Pengacara Saipul Jamil Divonis 3.5 Tahun Penjara Usai Tercatut Skandal Kasus Suap !

0
749
Saipul Jamil
Copyright©kompas

Ketua Tim Pengacara Saipul Jamil Divonis 3.5 Tahun Penjara Usai Tercatut Skandal Kasus Suap !

Indowarta.com– Hakim Anwar pada saat membacakan putusan yang mengatakan uang tersebut untuk pengaturan majelis hakim yang akan menangani kasus Saipul Jamil dan juga mengupayakan vonis ringan. Dimana  setelah itu kasus tersebut telah diketuai oleh hakim Ifa Sudewi yang merupakan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Ketua majelis hakim Mas’ud di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jl Bungur besar Raya, Jakarta Pusat pada hari Senin 14 November 2016 mengatkan “Mengadili menyatakan terdakwa Kasman alias Kasman Sangadji telah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama dan berlanjut pada dakwaan ke-1 dan dakwaan alternatif kedua,”.

Mas’ud mengatakan telah menjatuhkan pidana terdakwa Kasman alias Kasman Sangadji dengan pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulan dan juga pidana denda sebesar Rp 100 juta subsider 2 bulan.

Saipul Jamil
Copyright©kompas

Pada saat pemberian pertama uang telah diserahkan sebanyak Rp 50 juta kepada Rohadi oleh penguasa hukum Saipul Jamil yang lainnya. Uang tersebut diberika dengan bertujuan untuk pengurusan penunjuk majelis hakim penanganan kasus Saipul Jamil. Kemudian pemberian yang kedua adalah sebesar Rp 250 juta. Pemberian ini telah ditujukan agar Rohadi membantu mengupayakan vonis yang ringan terhadap Saipul Jamil.

Uang sebesar Rp 300 juta kepada Rohadi ini diperoleh Bertah dari kaka Saipul Jamil. Yang bernama Syamsul Hidayatullah. Lalu Kasman yang meruapakan ketua dari tim pengacara disebut hakim telah mengetahui dan menyetujui pemberian tersebut.

Anwar mengatakan “Diperoleh fakta hukum bahwa terdakwa selaku koordinator penasihat hukum mengetahui atau mengiyakan dalam pengurusan perkara Saipul Jamil, Bertha telah bertemu Rohadi yang telah menawarkan bantuan dalam pengurusan penunjukkan majelis hakim atas perkara Saipul Jamil,”.

Hal yang telah memberatkan terkait dengan Kasman adalah Kasman ini telah dianggap merusak citra dari advokat dan juga tidak mengakui perbuatannya. Sementara itu untuk hal yang meringankan adalah Kasman sama sekali tidak terjerat dengan tidan piadan dan berlaku sopan di pengadilan.

Kasman terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf b UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

baca juga :

Viral di FB, Foto Ganjar Pranowo Tidur di Lantai Kereta Ini Bikin Netizen Terharu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here