Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang Cilacap 4,7 SR Tak Berpotensi Tsunami!

0
2572
gempa

Gempa Bumi Berpusat Di Cilacap Getarannya Terasa  Hingga Yogyakarta!

Indowarta.comGempa Bumi mengguncang perairan sebelah selatan Pulau Jawa. Sekitar pukul 19.41 WIB hari ini Selasa 15 November 2016. Rupanya guncangannya terasa hingga kedalaman 10 kilo meter sampai Yogyakarta.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga Pantai Samas, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ari menuturkan saat ia sedang menonton TV tida tiba terasa gempa. Getarannya cukup capat, hanya beberapa detik saja. Berbeda dengan warga Sleman, Paulina. Ia adalah warga Maguwoharjo. Pada saat itu ia sama sekali tak merasakan adanya getaran bumi atau gempa.

Terkait getaran bumi yang membuat sejumlah warga panik, Kepala Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG), Toni Agus Wijaya membuat pernyataan. Dalam keterangannya, ia menyebutkan bahwa pusat gempa berada di koordinat 8,36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 109,22 Bujur Timur. Atau bisa dikatakan 74 km arah tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah.

Ditegaskan pula, bahwa gempa dengan kekuatan 4,7 Skala Ritcher (SR) ini tidak berpotensi tsunami. Meski demikian warga dihimbau untuk tetap waspada jika ada gempa susulan.

Dari catatan situs BMKG menyatakan wilayah Yogyakarta dan Bantul berada di intensitas gempa level ll. Artinya wilayah tersebut mengalami getaran lemah.

Gempa bumi yang terjadi di Cilacap ini rupanya menyumbang trending topik di media sosial, twitter. Pada topik ’10 KM’ tersebut, netizen akan menemukan twit berupa sejumlah informasi yang terjadi terkait gempa bumi 4,7 SR.

gempa

Meski akun twitter BMKG mengatakan telah terjadi gempa bumi di wilayah tenggara Cilacap. Namun sejumlah netizen tidak merasakan getarannya. Dikutip dari akun twitter BMKG @infoBMKG #Gempa dirasakan Mag: 4,7 SR, 15 Nov 2016 19:41:10 WIB (Pusat Gempa di Laut 74 km Tenggara Cilacap), Kedlmn: 10 KM #BMKG .

Sementara itu pada hari Minggu 13 November 2016 kemarin, negara tetangga Selandia Baru diguncang gempa cukup dahsyat. Gempa dengan potensi tsunami lokal tersebut membuat warga terisak. Dari laporannya, terdapat dua korban meninggal dunia. Selain itu sejumlah bangunan dan jalanan dilaporakn mengalami rusak parah.

baca juga :

Berita Hari Ini: Guncang New Zealand Gempa dan Tsunami Lokal Tak Berdampak Ke Indonesia!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here