Berita Hari Ini: Neno Warisman Pakai 3 Teori Ini Buktikan Ahok Sebagai Penista Agama Islam !

0
2211
neno warisman
Copyright©detik.com

Neno Warisman Tegaskan Ucapan Ahok Sesuai Isi Pikiran Dan Niatnya !

Indowarta.comNeno Warisman hari ini mengikuti gelar perkara terbuka atas kasus penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Gelar perkara terbuka hari ini merupakan pertama kalinya sejak kasus Ahok meluap. Mabes Polri mendatangkan beberapa saksi ahli bahasa, salah satunya adalah Neno Warisman.

Dari hasil analisis tim ahli bahasa pelapor, Ahok dituding melakukan kebohongan yang membuat umat Muslim meradang. Saat itu Neno Warisman ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan. Dikutip dari pernyataannya, Ia mengatakan “berbicara itu sama dengan bertindak. Misalnya akad nikah. Akad nikah itu tindakan berbicara saya terima nikahnya makanya dengan tindakan berbicara itu yang haram menjadi halal”

WAJIB BACA :  Pimpinan Partai Pro Ahok Tak Hadiri Pelantikan Anies Baswedan Sandiaga Uno?

Lebih lanjut, Neno juga menyebut teori Linguistik generatif. Yang mana di dalam teori tersebut mengatakan jika orang berbicara berarti senada dengan tindakannya. Misalnya, ketika orang bebicara berabti pakai niat. Terkecuali orang tersebut gila atau mengigau. Bahkan orang tersebut tidak mungkin berbicara tanpa tujuan.

Ahok
Copyright©viva

Neno Warisman pun membeberkan terkait kasus penistaan agama Islam oleh Ahok dikaji dalam teori kesadaran niat.

  1. Terkait pengungkapan ekspresi. Jika orang telah mengatakan sesuatu maka sebenarnya sudah sesuai antara hati dan pikirannya. Jika tidak maka dia telah berdusta. Sehingga perkataan Ahok tentang Al Maidah 51 merupakan ekspresi bahasa, ekspresi niat.
  2. Ahok telah meyakini apa yang sudah dikatakannya. Dikutip dari pernyataan Ahok kala itu “Dibohongin pakai ayat Al Maidah….. artinya Ahok sudah berniat untuk mengatakan demikian.
  3. Ada unsur communication intention. Artinya, saat Ahok mengatakan demikian, telah mengandung maksud mempengaruhi orang melalui perkataannya. Hal ini menurut Neno, Ahok ingin orang- orang mengikuti perkataannya sesuai penafsirannya tentang QS Al Maidah 51.
WAJIB BACA :  Pimpinan Partai Pro Ahok Tak Hadiri Pelantikan Anies Baswedan Sandiaga Uno?

Dengan kajian di atas menggiring Ahok sebagai penista agama, menurut Neno Warisman. Lantas bagaimana dengan pemakaian kata “pakai” dalam kalimat Ahok tersebut.

Neno menjelaskan, baik digunakan maupun tidak, kata “pakai” tidak mempengaruhi subtansi jika orang nomor satu di Ibu Kota Jakarta ini sudah melakukan penistaan agama Islam. Hal ini karena ada nature dibohongi itu negatif. Sedangkan Al Quran itu positif.

baca juga :

Berita Terkini: Ahok Ditetapkan Sebagai Tersangka Penistaan Agama Berdasarkan Berbagai Alat Bukti Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here