Berita Terkini: Gempa Bumi 6,2 SR Getarkan Wilayah Jawa Timur Disebabkan Aktivitas Subduksi Lempeng !

0
7544
gempa bumi
Copyright┬ętribunnews

Gempa Bumi Susulan Terasa Hingga Bali dan Lombok Tak Berpotensi Tsunami!

Indowarta.comGempa bumi getarkan wilayah Jawa Timur Rabu 16 November 2016 pukul 22.10 WIB. Getaran dengan kekuatan 6,2 Skala Richter (SR) ini sempat membuat warga panik.

Dikutip dari akun Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Gempa bumi berpusat pada koordinat 9,32 Lintang Selatan dan 113,12 Bujur Timur. Atau lebih tepatnya 127 kilometer arah tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pusat gempa bumi berada pada kedalaman 69 kilometer. Guncangannya terasa hingga wilayah Kediri, Situbondo, Lumajang, hingga Jember. Meski hanya beberapa detik saja, namun warga cukup panik.

Gempa bumi susulan juga menggetarkan Yogyakarta, Bali, dan Lombok. Namun kekuatannya tak sedahsyat gempa pertama, yakni 4,2 SR. Dilihat dari peta tingkat guncangan BMKG menerangkan, getaran terasa di seluruh wilayah Jawa Timur, Bali, Lombok, dan Yogyakarta.

Namun getaran paling kuat dirasakan di Malang, Karangkates, Kepanjen, Lumajang, dan Jember. Warga yang tinggal di daerah ini sempat berlarian ke luar rumah. Hingga sekarang belum ada laporan terkait korban maupun kerusakan akibat gempa bumi.

gempa

Lantas mengapa dalam dua hari ini sering terjadi gempa di malam hari? Berdasarkan kedalaman hiposenternya, gempa kali ini adalah jenis menengah yang diakibatkan aktivitas subduksi Lempeng.

Getaran dipicu adalanga Lempeng Indo Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia dengan kecepatan 70 mm setiap tahunnya. Keadaan ini membuat batuan di zona benioff mengalami deformasi.

Gempa bumi menengah jenis ini mempunyai ciri- ciri spektrum getaran yang luas. Jadi bukan hal yang aneh lagi jika gempa juga dirasakan warga Yogyakarta dan Lombok.

BMKG menghimbau warga yang tinggal di pesisir 4 wilayah tersebut agar tidak panik dan tetap tenang. Meskipun terdeteksi gempa susulan dengan kekuatan 4,3 SR namun tidak berpotensi tsunami.

Musripan, Kepala Stasiun geofisika Karangkates menyatakan Shakemap BMKG menunjukkan gempa bumi berada dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III-IV MMI. Hingga pukul 22.30 WIB belum ada aktivitas gempa susulan lagi.

baca juga :

Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang Cilacap 4,7 SR Tak Berpotensi Tsunami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here