Berita Terkini: Inilah Penyebab Kenapa Gempa Malang Bisa Terasa Sampai Lombok Hingga Yogyakarta !

0
1395
Berita terkini: Terbukti 'Ramalan' Gempa Mentawai Terjadi Siklus 200 tahunan, Berikut Cara Mengamankan Diri !!

Berita Terkini: Inilah Penyebab Kenapa Gempa Malang Bisa Terasa Sampai Lombok Hingga Yogyakarta !

Indowarta.com- Gempa Bumi telah terjadi di Samudera Hindia sebelah tenggara Malang, Jawa Timur. Namun gempat ini bisa dirarsakan hingga ke arah barat yakni daerah Yogyakarta dan sampai ke timu hingga ke Lombok.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yakni Daryono telah menyebutkan bahwa penyebabnya melalui keterangan tertulis pada hari Kamis 17 November 2016.

Gempa yang memiliki kekuatan 5,8 skala richter ini tergolong dalam gempa bumi berkedalaman menengah. Gempa ini terjadi karena aktivitas tumbukan antar lempeng bumi atau yang disebut dengan subduksi. Lempeng yang bertumbuk adalah lempeng Indo Australia yang menunjam ke bawah dan Lempeng Eurasia dengan kecepatan kurang lebih 70 km per tahun.

Lempeng tersebut telah mengalami perubahan bentuk, perubahan posisi dan juga perubahan dimensi (deformasi) batuan yang terjadi di zona Benioff pada kedalaman 91 km. Hal itulah yang membuta terjadinya gempa pada malam tadi.

Daryono mengatakan bahwa ciri gempa bumi berkedalaman menengan seperti ini memiliki spektrum guncangan yang sangat luas. Hal ini wajar terjadi apabila gempabumi ini dirasakan hingga ke Yogyakarta dan dan Lombok.

Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!

Gempa Malang yang terjadi ini dirasakan hingga tiga pulau yakni Jawa, Balli dan Lombok. Episentrum atau pusat dari gempat ini berada pada titik koordinat 9,39 LS dan 113,09 BT yakni tepatnya di cekungan busur muyka atau fore arc basin Samudra Hindia pada jarak 165 Km arah tenggara Kota malang pada kedalaman 91 kilometer.

Lalu Daryono menjelaskan Peta Tingkat guncangan atau Shake Map dari BMKG ini telah menunjukkan bahwa dampak dari gempa bumi ini berupa guncangan yang telah dirasakan di Yogyakarta, seluruh wilayah Jawa Timur, Bali dan juga Lombok.

Salah satu warga Jalan Wiroto yang bernama David Yohanes mengatakan bahwa gempa yang terjadi cukup kuat hingga meja dan televisi ikut goyang. Lantai dua rumah juga ada suara seperti ada orang yang naik atap.

baca juga :

Berita Terkini: Operasi Zebra 2016 Mulai Dimulai Hari Ini Rabu 16 November 2016 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here