Berita Terkini: Bukannya Menurun, Kans Ahok Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Malah Akan Naik Di Pilkada DKI ?

0
1733
Ahok
Copyright©bisnis

Berita Terkini: Bukannya Menurun, Kans Ahok Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Malah Akan Naik Di Pilkada DKI ?

Indowarta.com– Gubernur DKI Jakarta Nonaktif yakni Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa dengan nama Ahok kini sudah diresmiakn menyandang status tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. Dirinya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan pasal 156 a Kitab Undang-undang Hukum Pidana juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pada saat ini Ahok tengah maju sebagai calon gubernur untuk Pemilihan Kepada Daerah DKI 2017. Sementara itu pelaksanaan Pilkada DKI 2017 ini baru akan berlangsung pada tanggal 15 Februari 2017. Dengan begini, mau atau tidak mau Ahok harus menjalani masa kampanye selama tiga bulan ini dengan menyandang status tersangka.

Ahok masih menjadi calon gubernur yang paling diunggulkan menang selama ini dalam beberapa kali survey yang telah diumumkan ke publik. Walaupun begitu, beberapa minggu terakhir ini selisih keunggulannya dari para pesaingnya dinyatakan menjadi semakin tipis.

Lalu bagaimana kesempatan Ahok kali ini dengan status tersangka yang kini telah dia sandang?

Gelaran Perkara Ahok
Copyright©okzone

Syamsudin Haris yang merupakan pengamat peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI ini mengatakan bahwa status tersangka yang kini tengah disandang Ahok tidak akan terlalu berpengaruh terhadap tingkat keterpilihan Ahok. Hal ini karena para pendukung menilai bahwa Ahok tidak bersalah dalam kasus dugaan penistaan agama tersebut.

Haris menilai bahwa para pendukung Ahok menganggap bahwa penetapan tersangka ini tidak lebih dari upaya kepolisian dalam meredam suasana. Haris mengatakan “Mereka tidak yakin Ahok melakukan penistaan agama seperti yang dituduhkan. Tidak mustahil penetapan Ahok justru menambah solid massa pendukungnya,”.

Haris melihat bahwa adanya ketidakpercayaan dari para pendukung Ahok bahwa Ahok telah bersalah dalam kasus dugaan penistaan agama ini juga berlaku terhadap para pendukung Ahok yang berasal dari kalangan Muslim.

Dalam kasus penistaan agama, Ahok telah disangkakan bersalah terkait dengan pernyataannya pada saat sambutan dalam kunjungan kerjanya di Kepulauan Seribu pada tanggal 27 September 2016.

baca juga :

Berita Terkini: MUI Sarankan Ahok Mundur Dari Pencalonan Usai Ditetapkan Sebagai Tersangka !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here