Berita Terkini: Dalam Dua Hari, Gunung Kidul Diguncang Gempa !

0
1184
gempa magnitudo Ternate

Berita Terkini: Dalam Dua Hari, Gunung Kidul Diguncang Gempa !

Indowarta.com– Baru kemarin warga dari Gunung Kidul merasakan gempa Malang, kini mereka kembali diguncang gempa dengan kedalaman 10 Kilometer di Barat Daya Gunung Kidul. Kali ini berbeda dengan gempa yang terjadi kemarin, guncangan dari gempa kali ini terasa lebih kuat meski hanya berlangsung selama empat detik saja.

Warga sempat panik dengan guncangan gempat tersebut. BPBD Gunung Kidul sendiri masih belum menerima laporan mengenai kerusakan yang telah ditimbulkan. Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul yakni Budhi Hajo mengatakan bahwa pihaknya masih akan mendata laporan dari kerusakan dari gempat yang memiliki kekuatan 5,3 skala richter itu. Pada hari Jumat 18 November 2016 Budhi mengatakan “Laporan yang masuk belum ada kerusakan akibat gempa,”.

Budhi mengatakan bahwa sebagian besar dari warga Gunungkidul ini telah merasakan gempa yang terjadi pada pagi hari ini. Intensitas gempa dari peta guncangan ini telah dirasakan hanya III MMI atau II SIG. Hal ini  berarti gempa ringan yang dirasakan.

Dirinya berharap agar masyarakat tetap merasa tenang dan juga wasapada. Selain itu masyarakat jangan sampai gampang terpancing berita yang menyesatkan dan masih belum tentu kebenarannya. Masyarakat sempat ada yang merasa panik dan keluar dari rumah mereka.

Berita terkini: Terbukti 'Ramalan' Gempa Mentawai Terjadi Siklus 200 tahunan, Berikut Cara Mengamankan Diri !!

Lalu Toni Agus Wijaya yang merupakan Kepala Badan Meteorologi Geofisikan dan Klimatologi atau BMKG Yogyakarta mengatakan bahwa gempa yang berpusat di laut itu tidak mempunyai potensi tsunami. Gempa yang telah terjadi ini mempunyai kekuatan 5,3 skala richter terjaid sekitar pukul 09.19.29 WIB. Lokasi gempar berada di titik 8,87 LS 110,57 BT atau kurang lebih 93 kilometer Barat Daya Gunungkidul dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. Gempa yang berpusat di laut ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kemudian salah satu warga playen yang bernama Ari S mengaku bahwa langsung lari keluar rumah pada saat dirinya merasakan adanya gempa. Gempa yang terjadi cukup kuat ujarnya. Menurut dirinya, saudaranya yang berada di wilayah Wirobrajan juga mengaku bahwa merasakan adanya gempa.

baca juga :

Berita Terkini: Inilah Penyebab Kenapa Gempa Malang Bisa Terasa Sampai Lombok Hingga Yogyakarta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here