Berita Terkini: 5 Faktor Ini Sebabkan Dukungan Terhadap Ahok Menurun Berdasarkan Denny JA !

0
2175
viva
Copyright©okezone

Elektabilitas Ahok Terus Menurun Paska Penetapan Sebagai Tersangka!

Indowarta.com– Elektabilitas Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama menurun. Hal ini berdasarkan hasil survey dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Angka ini menurun dinilai karena kasus dugaan penistaan agama oleh gubernu DKI Jakarta nonaktif.

Pada periode 31 Oktober hingga 5 November 2016, survei Denny JA melibatkan 440 responden. Kali ini dukungan terhadap Ahok menurun. Awalnya berada pada angka 24,6 persen. Paska penetapan Ahok menjadi tersangka dukungan menurun menjadi 10,6 persen.

Survei pertama dilakukan Denny JA sebelum penetapan Ahok sebagai tersangka. Diantara responden sudah ditanya terkait dukungan ‘jika Ahok menjadi tersangka’ kasus dugaan penistaan agama. Ardian Sopa menegaskan penurunan dukungan cukup signifikan.

WAJIB BACA :  Saipul Jamil Dapatkan Remisi, Ahok Kok Tidak?

Dalam jumpa pers yang digelar di Kantor LSI Denny JA tepatnya di JL Pemuda Pulogadung Jakarta Timur hari ini. Ardia mengatakan untuk pertanyaan terbuka, elektabilitas menurun di angka 10,6 persen. Sedangkan untuk pertanyaan tertutup elektabilitas sedikit lebih tinggi, yaitu 11,5 persen.

Ahok
Copyright©wartaekonomi

Lantas pertanyaan terbuka seperti apa yang diajukan Denny JA? Rupanya responden harus menjawab terkait dukungannya terhadap Ahok jika menjadi tersangka. Pertanyaan tersebut tidak menyebutkan nama cagub atau cawagub lainnya. Sedangkan pertanyaan tertutup meliputi di atas namun disertakan dengan nama kandidat lainnya.

Menggunakan dua metode, rupanya dukungan Ahok menurun. Suara dukungan terhadap Ahok turun ke 10,6 persen. Sedangkan pertanyaan tertutup turun hingga 11,5 persen. Padahal sebelumnya dukungan dinyatakan berada di posisi 24,60 persen.

WAJIB BACA :  Saipul Jamil Dapatkan Remisi, Ahok Kok Tidak?

Diketahui sejak Maret 2016, dukungan terhadap pasangan Ahok dan Djarot 59,3 persen. Lambat laun dukungan tersebut menurun di bulan Juli 2016 yakni 49,1 persen. Pada bulam Oktober 31,4 persen. Dan di bulan November 24,6 persen.

Bukan hal aneh lagi, ketika suara dukungan terhadap Basuki menurun, dukungan pada pasangan lainnya meningkat. Seperti pada dukungan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylbiana Murni. Kenaikan diperoleh menjadi 32,30 persen. Untuk pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mencapai 31,1 persen

Diduga elektabilitas menurun karena dampak negatif dari pidato Ahok di Kepulauan Seribu dan juga survei LSI mulai menunjukkan kesukaan terhadap Ahok sedang menurun, masyarakat kawatir jika Ahok menjadi gubernur, Pasangan Agus dan Anies diprediksi menjadi pemimpin yg adil. Terakhir Ahok dinilai mempunyai citra buruk.

baca juga :

Berita Terkini: ACTA Laporkan Ahok Soal Pernyataan Demo 4 November Dapat Bayaran Rp 500 Ribu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here