Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!

0
1172
Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!

Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!

Indowarta.com – Pasca gempa di sekitar Kepulauan Mentawai berkekuatan 7,8 SR tadi malam yang memiliki potensi terjadinya Tsunami, kali ini Badan SAR Nasional (BASARNAS) telah melakukan penambahan volume pantauan pada setiap aktivitas masyarakat yang berada di pesesir barat selatan Aceh tersebut.

Menurut koordinator SAR yang berada di Pos Meulaboh, yakni Rahmad Kenedy, Rabu malam (2/3/2016) mengatakan jika gempa tidak dirasakan langsung di tempatnya, namun semua tim langsung patroli karena mendengar informasi peringatan berpotensi Tsunami, maka semua tim bergerak ke pesisir pantai langsung.

Setelah melakukan pengecekan di sekitar pesisir pantai, Tim SAR  mendapati jika gelombang pantai serta kondisi air laut masih terlihat normal, pihak mereka tidak menemukan perubahan mutasi air laut yang signifikan pasca gempa tersebut terjadi.

Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!

Setelah mendengarkan jika gempa tadi malam memiliki potensi Tsunami, warga yang berada di sekitar pesisir pantai langsung panik, seperti di kawasan Desa Suak Indra Puri dan Pasir, serta Gunong Kleng.

Dengan kehadiran Tim SAR yang menuju ke pesisir pantai malam tadi mampu meredam gejolak serta kepanikan warga sekitar yang yang berlarian untuk evakuasi, namun setelah ada informasi pencabutan tentang peringatan Tsunami, semua warga kembali ke rumah masing-masing.

Menurut pantauan dari Tim SAR, pertokoan yang berada di sekitar Jalan Teuku Umar tidak seperti biasanya, banyak pertokoan yang sudah di tutup sejak sore karena ada gempa tersebut. Dan seuasan kota Meulaboh pun jadi ikut gaduh setelah mendengar adanya peringatan dini Tsunami tersebut.

Pengalaman tentang gempa Aceh beberapa tahun lalu memang menjadi sebuah hal yang masih sulit dilupakan oleh semua orang khusunya warga Aceh, maka dari itu pihak tim SAR telah melakukan patroli stand-by hingga pagi hari, merkea juga berharap tidak ada gempa susulan yang berkekuatan lebih besar sehingga membuat warga Aceh barat akan panik.

Gempa yang terjadi semalam berlokasi di perairan 682 KM barat daya dari kepulauan Mentawai dengan kekuatan getaran mencapai 7,8 SR serta memiliki kedalaman hingga 10 KM. Maka dari itu pihak BMKG menginformasikan peringatan dini Tsunami malam tadi.

Baca juga : GEMPA BUMI GUNCANG NTT 3,1 SR SETELAH 3,4 SR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here