BMKG Himbau Masyarakat Tak Sebarkan Hoax tentang Informasi Gempa Susulan dan Tsunami di Jatim !

0
1267
gempa

BMKG Himbau Masyarakat Tak Sebarkan Hoax tentang Informasi Gempa Susulan dan Tsunami di Jatim !

Indowarta.comРBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah membantah tentang beredarnya informasi yang menyebutkan bahwa gempa bumi dan tsunami yang akan terjadi di beberapa kota di Jawa Timur yang mengatasnamakan lembaganya. Kepala Stasiun Geofisika Karangkataes Malang yakni Musripan menyatakan  bahwa informasi hoax tersebut kini telah membuar masyarakat measa cemas.

Pada siaran pers yang telah digelar pada hari Jumat 18 November 2016 Musripan mengatakan bahwa Pimpinan BMKG telah menyatakan beria itu tidak benar dan BMKG tidak pernah membuat berita seperti itu.

Informasi hoax tersebut telah menyebutkan bahwa gempa bumi akan terjadi dengan kekuatan skala 8,6 richter. Gempa tersebut akan menyebabkan tsunami dan akan terjadi pada hari Jumat 18 November 2016 di daerah pesisir pantai Selatan seperti Malang, Jember, Banyuwangi, Pacitan, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, Pacitan, dan lain-lain. Berita tersebut disebarkan dengan mengatasnamakan lembaga BMKG.

Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!

Musripan menegaskna bahwa berita yang telah beredar itu telah membohongi masyarakat dan tidak punya dasar ilmiah yang jelas. Menurutnya hingga saatini gempa bumi tektonik masih belum bisa diprediksi secara ilmiah dengan baik. Bahkan dari beberapa isu yang berkembang bahwa akan terjadi gempa bumi ini tidak satupun yang terbukti. Oleh sebab itu Musripan mengatkan bahwa isu yang berkembang selanjutnya tidap perlu untuk dihiraukan.

Berita hoax yang mengatasnamakan BMKG tersebut telah beredar secara luas melalui media sosial. informasi hoax tersebut telah muncul sekitara satu hari setelah terjadi gempa 6,2 skala Richter yang mengguncang kota Malang yakni pada hari Rabu 16 November 2016. Gempa yang terjadi teresbut sumbernya terletak pada posisi 9,32 derajat Lintang Selatan 13,12 derajat Bujur Timur, dengan berkedalaman 69 kilometer.

Gempa di Kota Malang tersebut terjadi sekitar pukul 22.10 WIB yang berpusat sejauh 127 kilometer sebelah Tenggara malang. gempa berjarak 136 kilometer sebelah barat daya. Dari arah Jember, gempa terletak pada 142 kilometer sebelah barat daya. Sementara dari arah Surabaya, terletak sejauh 232 kilometer sebelah tenggara. BMKG telah menyatakan tidak ada potensi tsunami.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak  menyebarkan informasi hoax seperti yang telah terjadi ini.

baca juga :

Bukan Gempa Susulan, Gempa 5.3 SR Ternyata Guncang Yogyakarta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here