Berita terkini: Terbukti ‘Ramalan’ Gempa Mentawai Terjadi Siklus 200 tahunan, Berikut Cara Mengamankan Diri !!

0
1162
Berita terkini: Terbukti 'Ramalan' Gempa Mentawai Terjadi Siklus 200 tahunan, Berikut Cara Mengamankan Diri !!

Berita terkini: Terbukti ‘Ramalan’ Gempa Mentawai Terjadi Siklus 200 tahunan, Berikut Cara Mengamankan Diri !!

Indowarta.com – Brian Tucker, selaku presiden dari GeoHazards pernah mengeluarkan sebuah prediksi yang cukup mengerikan pasca gempa yang telah meluluhlantahkan Himalaya pada 25 April 2015 lalu. Ia mengatakan jika gempa besar selanjutnya akan terjadi kembali, yakni mengarah ke lepas pantai Sumatera.

GeoHazard merupakan sebuah lembaga non-profit yang berasal dari California, Amerika Serikat. Lembaga tersebut telah mengkampanyekan untuk mengurangi resiko bencana alam pada daerah-daerah yang rawan terjadi bencana di dunia.

Prediksi dari GeoHazard tesebut telah terbukti,  tadi malam Rabu (2/3/2016) telah terjadi gempa yang cukup besar dengan kekuatan mencapai 8,3 SR yang menguncang Kepulauan Mentawai dan memiliki potensi Tsunami. Meskipun tidak sepenuhnya benar, namun prediksi dari GeoHazard cukup akurat.

Berita terkini: Terbukti 'Ramalan' Gempa Mentawai Terjadi Siklus 200 tahunan, Berikut Cara Mengamankan Diri !!

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan jika pusat gempa Mentawai tadi malam berpusat di laut lepas 682 KM Barat daya Kepulauan Mentawai denagn kedalaman mencapau 10 KM dan berpotensi mengakibatkan tsunami.

Hingga berita ini diturunkan, kejadian gempa Mentawai tadi malam belum ada laporan tentang kerusakan maupun korban jiwa. Meskipun begitu, gempa yang terjadi tadi malam tersebut cukup untuk membuat kepanikan dari warga yang berdomisili di pesisir pantai.

Kepulauan Mentawai ini berada di Sumatera Barat, dan menjadi salah satu daerah yang sangat rawan terhadap gempa dan tsunami. Pulau-pulau yang berada di Mentawai ini sebenarnya merupakan sebuah dasar laut yang muncul ke permukaan dikarnakan adanya sebuah tumbukan lempeng bumi. Jika lempeng bumi tersebut terus bertumbukan, maka bisa menimbulkan gempa seperti yang terjadi malam tadi.

Terkait gempa Mentawai yang terjadi tadi malam, maka pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama semua pihak yang terkait hingga saat ini terus melakuakn berbagai persiapan jika ada potensi gempa.

Pada tahun 2012 lalu, BNPB sudah memiliki master plan terkait masalah gempa ini. Bahkan yang lebih hebatnya, BNPB juga sudah membangun berbagai infrastruktur seperti shelter-shelter untuk pengungsi, BNPB juga sudha membangun sebuah kantor pusat pengendali operasi yang bekerja selama 24 jam.

EKo Yulianto sebagai peneliti Geoteknologi dari LIPI, terkait gempa Mentawai tadi malam, warga Mentawai sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan, yakni lari menuju ke atas bukit.

Baca juga : Usai Gempa Mentawai, Aceh dinyatakan Siaga 1 !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here