Berita Terkini: Terbukti Telah Suap Panitera, Kakak Saipul Jamil Divonis 2 Tahun Penjara !

    0
    844
    Kakak Saipul Jamil
    Copyright©beritasatu

    Berita Terkini: Terbukti Telah Suap Panitera, Kakak Saipul Jamil Divonis 2 Tahun Penjara !

    Indowarta.com– Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada akhrinya telah memberikan vonis 2 tahun pidana penjara dan dengan sebesar Rp 50.000.000 terhadap Kakak Saipul Jamil yakni Syamsul Hidayatullah.

    Kemudian majelis hakim juga telah menjatuhkan hukuman 2 tahun 6 bulan penjara dan denda sebesar Rp 50.000.000 kepada Kuasa Hukum terdakwa kasus pelecehan Saipul Jamil di Pengadilan Negeri Jakarta Utara yakni Berthanatalia Ruruk Kariman.

    Mereka berdua telah terbukti bersalah karena telah melakukan suap terhadap panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Utara yakni Rohadi sebesar Rp 250 juta untuk pengurusan perkara pelecehan dibawah umur dengan terdakwa Saipul Jamil. Selain itu mereka berdua juga dinyatakan telah bersalah karena telah memberikan suap untuk penunjukkan majelis hakim yang menangani perkara Saipul Jamil sebesar Rp 50.000.000.

    Ketua Majelis Hakim Baslian Sinaga membaca amar putusan Bertha dan Samsul di PN Tipikor, Jakarta Pusat pada hari Senin 21 November 2016 mengatakan “Menjatuhkan pidana kepada terdakwa satu, Bertanatalia, 2,6 bulan penjara denda Rp 50 juta. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dua, Samsul Hidayatullah dua tahun penjara denda Rp 50 juta,”.

    Kakak Saipul Jamil
    Copyright©okezone

    Menurut Majelis Hakim sebagaimana dakwaan pertama, Bertha dan Samsul terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-undang Pemberantasan Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP. Selain itu mereka berdua juga dinilai telah melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf b UU Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP sebagaimana dakwaan kedua alternatif kedua.

    Justice collabolator dari Bertha juga telah ditolak oleh Majelis Hakim. Selain karena jaksa tidak mengajukan Justice collabolator sebagai Bertha, majelis juga telah menilai peran terdakwa ini juga sangat besar dalam kasus penyuapan yang terjadi ini. Namun Majelis telah memberikan apresiasi terhadap sikap Bertha  yang telah mengakui perbuatannya.

    Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa. Atas vonis ini, baik terdakwa ataupun jaksa pada KPK menyatakan pikir-pikir. Sebelumnya jaksa menuntut Bertha tiga tahun enam bulan penjara denda Rp 100 juta subsider enam bulan kurungan. Sedangkan Samsul dituntut tiga tahun penjara, denda Rp 100 juta subsider enam bulan kurungan.

    baca juga :

    Siap Meluncur Ke Indonesia, Xiaomi Redmi 4a Seharga Rp 900 Ribuan Sedang Dalam Pengujian Kominfo Hari Ini !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here