Berita Terkini: Gempa Hebat Berskala 7.4 SR Gulingkan Jepang, Peringatan Munculnya Tsunami Mulai Didendangkan!

0
3309
Gempa Jepang
Copyright©tmpo

Berita Terkini: Gempa Hebat Berskala 7.4 SR Gulingkan Jepang, Peringatan Munculnya Tsunami Mulai Didendangkan!

Indowarta.com– Timur laut, dekat Prefektur Fukushima telah diguncang gempa dengan kekuatan 7,4 Skala Richter sekitar pukul 06.00 waktu setempat pada hari Selasa 22 November 2016. Sementar itu Badan Survei Geologi (USGS) telah menyebutkan  bahwa kekuatan gempa terebut telah mencapai 7,3 skala richter sebelum pada akhrinya telah menurunkan ke angka 6,9 skala richter.

Gempa Jepang ini terjadi pada kedalaman sekitar kurang lebih 25 kilometer. Badan Meteorologi Jepang pun segera mengeluarkan peringatan akan terjadinya tsunami. Telah diperkirakan bahwa ada gelombang dengan ketinggian hingga 3 meter.

Peringatan Tsunami ini telah dikeluarkan untuk Prefektur Fukushima yang memang pada tahun 2011 telah menjadi wilayah terdampak bencama tsunami parah yagn memicu krisis nuklir terbesar di Jepang pasca perang dunia yang kedua. Tokyo Electric Power kini akan segera mengecek PLTN Fukushima Dai ichi setelah mendapatkan guncangan yang telah dirasakan kuat di wilayah Fukushima.

Sementara itu dari Tokyo yakni Kepala Sekretaris kabinet, Yoshihide Suga dalam konferensi pers mengatakan bahwa sistem pendinginan air di reaktor ketiga di PLTN Fukushima ini telah berhenti berkerja. Hingga saat ini masih belum ada kenaikan temperatur dari keanehan lain di fasilitas nuklir tersebut.

Gempa Jepang
Copyright©republika

Operator di PLTN yang luruh karena gempa yang menimpa pada 2011 yang lalu mengatakan bahwa mereka telah menyalakan kembali sistem pendinginan.

Selain itu prefektur Miyagi juga kebagian peringatan tsunami. Gelombang dengan tinggi 1,4 meter telah teramati di Pelabuhan Sendai. Masih belum diketahui secara pasti dampak dan juga korban dari gempa yang terjadi pada hari ini. Namun telah dilaporkan bahwa beberapa warga telah mengalami luka ringan.

Lalu guncangan atau tremor juga telah dirasakan di Tokyo. Beberapa warga yang telah tinggal di wilayah pesisir segera dievakuasi. Juga telah teramati kapal-kapal bergerak menjauh dari pelabuhan prefektur Fukushima.

Jepang adalah negara yang merupakan rawan gempa. Setidaknya ada 50 orang yang telah meninggal dunia dalam dua gempa di Prefektur Kumamoto selatan yang terjadi pada bulan April yang lalu. sementara itu pada gempa di Fukushima tahun 2011 silam telah dilaporkan sebanyak 18.000 meninggal dunia atau dilaporkan hilang.

baca juga :

Berita Terkini: Video FB Pencuri Dibakar Hidup-Hidup Ini Bikin Viral Dan Mengejutkan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here