Berita Terkini: Indonesia Akan Bantu Muslim Rohingya !

0
984
Rohingya
Copyright©kompas

Berita Terkini: Indonesia Akan Bantu Muslim Rohingya !

Indowarta.com- Konflik sosial yang telah terjadi di Rakhine Myanmar kini telah kembali memanas dalam beberapa hari terakhir ini. Rumah suku Rohingya telah banyak yang hancur dan terbakar hingga beberapa korba jiwa berjatuhan. Menghadapi hal tersebut, Pemerintah Indonesia kini tidak ingin tinggal diam saja terhadap nasib umat Islam di bagian Myanmar tersebut.

Pada hari Senin 21 November 2016 Menteri Lukman Hakim Saifuddin di Jakarat telah mengatakan bahwa pihaknya masih akan terus memantau perkembangan dituasi di Rakhine dari dekat. Jika memang diperlukan, maka pihaknya akan siap membantu. Dirinya selalu berkooedinasi dengan menteri luar negeri yang merupakan garda terdepan dalam penyelesaian masalah ini.

Lukman mengatakan bahwa selama ini pemerintah telah melakukan serangkaian upaya untuk membantu kelompok minoritas Muslim yang berada di Myanmar sebagai wujud untuk menegakkan kemanusaiaan dan juga mewujudkan perdamaian. Upaya tersebut telah dilakukan di dalam negeri, di Myanmar, dan juga di beberapa forum internasional. Selain itu upaya ini juga meliputi berbagai aspek seperti membantu fasilitas pendidikan dan juga kesehatan.

Rohingya
Copyright©cfr

Lukman mengatakan bahwa pada saat ini sudah banyak program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah terkait dengan nasib dari minoritas Muslim di Myanmar. Mari kita bantu kerja dengan konkret tersbut dengan sikap spiritual yang tepat. Kita semua saling dukun guntuk bertinda secara strategis.

Lukman juga telah menyerukan kepada Umat Islam di Indonesia untuk melakukan doa qunut nazilah untuk keselamatan dari umat Islam yang telah menjadi korban konflik di Myanmar tersebut.selain itu masyarakat juga telah diajak untuk melaksanakan sholat Gaib untuk para korban yang telah meninggal dunia.

Lukman menjelaskan bahwa qunut nazilah merupakan doa yang dibaca setelah iktidal rakaat terakhir sholat. Amalan ini telah disunahkan pada saat umat Muslim dalam ancaman. Lalu sholat gaib sendiri adalah sholat untuk memberikan doa kepada jenazah sesama Muslim sebagai bentuk dari solidaritas.

Lukman mengatakan “Kita semua sangat prihatin dengan konflik tersebut. Semoga jumlah korban tidak terus bertambah. Kedua amalan tersebut merupakan ajaran para ulama sebagai tindakan spiritual yang mendahulukan kedamaian,”.

baca juga :

Berita Terkini: Penduduk Muslim Rohingya Disiksa Militer Myanmar, Sikap Aung San Suu Kyi Dinilai Bikin Malu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here