Begini Kronologis Detik detik Tsunami Hantam Jepang Pasca Gempa 7.4 SR !

0
802
Gempa Jepang
Copyright©kompas

Begini Kronologis Detik detik Tsunami Hantam Jepang Pasca Gempa 7.4 SR !

Indowarta.com– Gelombang Tsunami telah dilaporkan melanda Jepang setelah terjadi gempa dengan kekuatan 7,4 skala richter yang sudah mengguncang. Ketinggian dari gelombang tersebut mencapai 1,3 meter yang sebelumnya sudah diprediksi hingga 3 meter. Sebuah tsunami hingga 1,3 meter telah diamati di sekitar Sendai yang berjarak sekitar kurang lebih 45 mil utara dari Fukushima.

Sebuah tayangan televisi telah menunjukkan kapal yang bergerak ke laut dari pelabuhan. Sementara itu gelombang yang lebih kecil telah terjadi dan memukul sisi lain di sepanjang pantai. Sementara itu orang yang telah tinggal di pantai kini dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi lagi. Sebelumnya telah terjadi Gempa Jepang sebelum pukul 21.00 pada hari Senin waktu setempat atau pada hari Selasa 22 November 2016 pagi waktu Indonesia.

Salah satu warga yang berada di kota Iwaki pada hari Selasa 22 November 2016 mengatakan bahwa dirinya melihat gelombang yang tinggi. Namun gelombang tersebut tidak melewati pembatas pasang surut.

Gempa bumi terjadi pada hari Selasa 22 November 2016 sekitar pukul 06.00 waktu setempat. Disebutkan bahwa gempa tersebut akan memicu tsunami.

Gempa Jepang
Copyright©viva

Gelombang tsunami yang pertama terjadi mencapai pada pantai Fukushima berkisar diantara 30 hingga 90 cm. Dibandingkan dengan prediksi sebelumnya yang menyebutkan akan mencapai 3 meter, ketinggian yang terjadi ini jauh lebih rendah.

Walaupun demikian, media setempat telah memberikan peringatan bahwa ketinggian gelombng tsunami ini bisa meningkat dari waktu ke waktu karena akan terus menerpa pantai.

Badan Survei Geologi AS atau USGS telah menyebutkanbahwa kekuatan Gempa Jepang yang pada awalnya disebutkan 7,4 skala richter mencapai 7,3 skala richter sebelum pada akhirnya menurunkan ke angka 6,9 skala richter. Gempa ini telah terjadi di kedalaman kurang lebih 25 kilometer.

Selain itu peringatan tsunami juga telah dikeluarkan untuk Prefektur Miyagi dimana gemlombang tinggi setinggi 1,4 meter telah berhasil teramati di Pelabuhan Sendai. Dampak dan juga korban yang telah ditimbulkan oleh gempa hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti.

baca juga :

Berita Terkini: Intensitas Lindu Makin Meninggi, Selatan Pulau Jawa Akan Kedatangan Gempa Besar?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY