Berita Hari Ini: Dampak Gempa Jepang, Bumi Terguncang Dari Bengkulu Hingga Selandia Baru!

0
1167
Gempa Jepang
Copyright©republika

Penjelasan Secara Keilmuwan Dampak Gempa Jepang Terasa DI Bengkulu !

Indowarta.com– Gempa Jepang yang baru saja terjadi dengan kekuatan 6,9 Skala Ritcher kemarin ini 21 November 2016 nampaknya berdampak hingga ke Bengkulu. Tadi pagi, bumi Bengkulu bergetar dengan kekuatan 4,1 SR dan 3,9 SR usai Gempa jepang.

Dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan keterangan jika guncangan tersebut terjadi lantaran adanya gangguan dari gempa Jepang.

Sekitar pukul 04.47 WIB, gempa mengguncang Muara Aman, Kabupaten Lebong, Bengkulu dengan kekuatan 4,1 SR. Gempa tersebut berpusat kurang lebih 7 kilometer dari arah Barat Laur Kota Muara Aman. Dengan kedalaman pusat gempa 107 KM.

Paska gempa Jepang, wilayah Bintuhan, Kabupaten Kaur juga diguncang gempa berkekuatan 3,9 SR. Guncangan ini terjadi tepat 1,5 jam setelah gempa di Muara Aman. Yaitu pukul 06,25 WIB dengan pusat gempa 173 KM arah barat daya Bintuhan dan pusat kedalaman gempa 14 kilometer.

Gempa Jepang
Copyright©viva

Berbeda dengan gempa Jepang yang berpotensi tsunami, kedua gempa di Bengkulu ini tidak berpotensi tsunami. Apalagi meskipun sempat membuat warga panik, getarannya terbilang lemah. Hingga kini belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa lainnya.

Litman, selaku Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kepahiang Bengkulu mengatakan sesuai hasil analisanya. Jika gempa yang menggetarkan Bengkulu dipengaruhi adanya gangguang Gempa Jepang tepatnya di Pantai Timur Jepang.

Dikutip dari pernyataannya, Litman menyampaiakn adanya analisa pengamatan gempat yang terjadi disebabkan gangguang gempa Jepang. Sehingga BMKG Bengkulu juga merekam getaran gempa.

Secara keilmuwan, aktivitas subduksi lempeng Indo Australia ke bawah dan Lempeng Aurasia. Dari gejalanya, gempa di Lebing merupakan gempa tektonik. Yang merupakan dampak gempa di negeri Sakura itu dan bukanlah gempat darat atau pergerakan sesar Sumatera. Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Kaur.

Sementara itu gempa juga menghantam Selandia Baru dengan kekuatan 6,3 SR paska gempa Jepang. Dari informasi Badan Geological Survey Amerika Serikat, gempa berpuat di kedalaman 10 KM dan jarak 200 KM arah tenggara Wellington.

baca juga :

Begini Kronologis Detik detik Tsunami Hantam Jepang Pasca Gempa 7.4 SR !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here