Berita Terkini: Begini Penjelasan Golkar Mengenai Kembalinya Setya Novanto Di Kursi ketua DPR !

0
1407
Copyright ©Kompas

Begini Penjelasan Golkar Mengenai Kembalinya Setya Novanto Di Kursi ketua DPR !

Indowarta – Sekjen Partai Golkar idrus marham mengatakan jika hasil rapat pleno partai yang diadakan pada Senin, 21 November 2016 lalu belum diketahui oleh ketua umumnya yaitu Setya Novanto (Setnov). Namun, rapat pleno sudah dilakukan atas izin dari Setnov.

Terkait dengan hasil putusan dari rapat pleno yang ingin mengembalikan jabatan Setya Novanto sebagai Ketua DPRD, itu demi meluruskan pandangan dari masyarakat. Mengingat dulu Setnov terlibat dalam “Papa Minta Saham” yang pada akhirnya rekaman suara tersebut dijadikan bukti yang sah oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Padahal kursi ketua DPR sudah diduduki oleh Ade Komarudin.

Menurut Idrus justru pandangan masyarakat dengan kembali mengangkat Setya Novanto menjadi Ketua DPR ini masyarakat juga tahu. Bahwa selama ini beliau tidak bersalah dan kuatkan penjelasan ke masyarakat. Saat itu Setnov saat itu mundur karena telah melihat ada proses-proses yang perlu untuk diluruskan.

Berita Terkini: Begini Penjelasan Golkar Mengenai Kembalinya Setya Novanto Di Kursi ketua DPR !
Copyright ©Tempo

Cara meluruskannya yaitu Setya Novanto memilih mundur dari Ketua DPR dengan mengajukan hak uji material kepada MK yang pada akhirnya dikabulkan bahwa rekaman tersebut dianggap sebagai bukti yang tidak sah.

Maka dari itu Setya Novanto akan dikembalikan menjadi Ketua DPR, dan masyarakat akan tahu bahwa yang kemarin itu tidak benar. Ada putusan hukum, maka dari itu harus menghormati putusan MK dan itu menjadi finalnya.

Dengan kembalinya Setnov sebagai Ketua DPR maka akan menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Setiap orang harus menaati proses hukum,sehingga ketika yang bersangkutan dinyatakan tidak bersalah, maka jabatannya harus dikembalikan.

Menurut Idris, pihaknnya mengembalikan jabatan itu sudah jelas. Itu merupakan persoalan intern Golkar dan dengan pertimbangan tertentu bisa melakukan pergantian penarikan dan setelah itu menetapkan kader lain untuk duduk.

Dengan mengembalikan murni Ketua DPR pada Setya Novanto, maka Golkar akan menjalankan marwah partai dan demi peningkatan kinerja. Selain itu DPP Partai Golkar dalam rapat pleno yang dipimpin ole ketua harian diambil keputusan secara aklamasi, bulat tanpa komentar dan semua setuju.

Semua itu merupakan proses demokrasi di dalam Partai Golkar. Tentu dengan keluarnya kepurtusan tersebut maka konsekuensi keluarga besar Golkar mengamankan keputusan itu. Selanjutnya DPP mengirim surat ke fraksi dan pimpinan DPR untuk menindaklanjutinya.

Meski demikian Idrus memberikan pujian kepada Ade Komarudin. Karena dia merupakan kader Golkar terbaik sehingga dipilih menjadi ketua DPR kala itu. Sebagai kader terbaik tentu memahami aturan partai dan aturan demokratis dan diharapkan Ade memahaminya.

Ada proses politik yang akan dilakukan. Nanti secara formal tentu akan diadakan, untuk masalah surat ke fraksi, kepada pimpinan DPR juga sudah di sampaikan. Setya Novanto secara pribadi memprsilahkan proses yang ada. Karena itu merupakan kebutuhan Partai. Sehingga bukan ambisi Setnov melainkan tuntutan Partai Golkar. Sebuah partai yang hormati demokrasi dan hukum, ujar Sekjen Partai Golkar.

Baca juga Berita Terkini: Golkar Angkat Lagi Nama Setya Novanto Jadi Ketua DPR, Ini Alasannya !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here