Berita Terkini: Aksi Aung San Suu Kyi Bereskan Krisis Rohingya Dinanti Oleh Seluruh Dunia!

0
1998
Rohingya
Copyright©images

Berita Terkini: Aksi Aung San Suu Kyi Bereskan Krisis Rohingya Dinanti Oleh Seluruh Dunia!

Indowarta.com– Negera bagian Rakhine di Myanmar kini telah kembali memanas. Hal ini telah dipicu oleh serangan kelompok bersenjata terhadap tiga pos perbatasan yang terjadi pada tanggal 9 Oktober 2016 yang lalu. sebanyak sembilan aparat kepolisian telah meninggal dunia sementara itu ada delapan anggota kelompok bersenjata yang juga turut menjadi korban dalam kejadian ini.

Walaupun tidak secara langsung menuding para pelakunya adalah warga Rohingya, namun otoritas setempat telah

menyebutkan bahwa ciri-ciri itu mengarah ke etnis tersebut. Mereka mengatakan bahwa para pelaku teresbut yang melakukan penyerangan ini berbicara dengan menggunakan bahasa Bengali.

Sejak serangkaian bentrokan komunal yang terjadi antara warga Muslim Rohingya dengan penduduk Rakhine yang memeluk agama Budha, peristiwa penyerangan tiga pos perbatasan tersebut dianggap sebagai kekerasan terparah.

Rohingya
Copyright©thestar

Di beberapa wilayah di Rakhine juga telah dilakukan operasi militer. Tujuan dari operasi ini adalah untuk membersihkan area tersebut dari kelompok bersenjata. Namun belakangan ini telah muncul isu yang menuding kesewenang-wenangan pihak militer yakni berupa pemerk*saan dan juga pembunuhan warga sipil Rohingya.

Pihak militer sendiri telah mengklaim bahwa pihaknya telah menewaskan puluhan orang yang dicurigai berusaha melakukan penyerangan dengan berbekal berbagai senjara seperti parang dan kayu. Namun sebagian besar pihak juga telah meragukan penjelasan tersebut.

Namun disisi lain organisasi pemantau hak asasi manusia (HAM) atau Human Right Watch (HRW) ini telah membeberakan fakta yang berbeda. Melalui foto satelit mereka telah mengungkapkan  terjadi pembakaran terhadap rumah dari warga Rohingya. Kurang lebih ada 1.250 unit rumah yang telah diratakan dengan tanah.

Wilayah Utara Rakhine ini memang menjadi rumah bagi kurang lebih 1 juta warga Rohingya. Kedatangan mereka ini bukanlah sesuatu yang baru, mereka sudah datang sejak abad ke 16. Beberapa pihak menyebutkan bahwa etnis ini berasal dari Bangladesh.

Para sejarawan berpendapat bahwa migrasi Rohingya yang cukup besar ini terjadi pada saat Inggris menjajah Myanmar. Lalu sebagian besar yang lainnya telah datang setelah kemerdekaan Myanmar pada tahun 1984 dan Perang Kemerdekaan Bangladesh pada tahun 1971.

baca juga :

Berita Terkini: Penduduk Muslim Rohingya Disiksa Militer Myanmar, Sikap Aung San Suu Kyi Dinilai Bikin Malu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here